Kesejahteraan Guru Honorer Hingga Subsidi SPP Jadi Perhatian Gubsu Edy

  • Whatsapp

Indiespot.id-Medan, Memperingati Hari Guru Nasional Republik Indonesia, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan, kesejahteraan guru honorer masih menjadi perhatian Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumut. Setelah menaikkan gaji guru honorer dari Rp40.000 menjadi Rp90.000/jam pelajaran.

“Kita akan lakukan perbaikan berangsur. Tahap pertama kita sudah menaikkan menjadi Rp90 ribu per jam. Kedepan insya Allah, kita bisa terus memberikan kesejahteraan kepada guru honorer,” kata Edy Rahmayadi, usai upacara di Makam Pahlawan Medan, Rabu (25/11).

Bacaan Lainnya

Mantan Pangkostrad itu berpesan, seorang guru bukan hanya mengutamakan akademik, tetapi guru diharapkan juga mampu membangun akhlak dan kecerdasan muridnya agar menjadi generasi yang mampu membangun negara. Ini merupakan bagian dari tema Hari Guru Nasional tahun ini ‘Bangkitkan Semangat Wujudkan Merdeka Belajar’.

“Yang utama itu adalah akhlak, sehingga anak yang cerdas, anak yang taat kepada negara kepada orang tuanya akan membesarkan bangsa ini,” ujar Gubernur.

Orang nomor satu di Sumut itu mengungkapkan jika saat ini Pemprov Sumut akan membuat kebijakan terkait Sumbangan Pembina Pendidikan (SPP). Pemprov rencananya akan memberikan subsidi untuk SPP di tahun 2021 sebesar Rp35.000.

“Awalnya kita ingin memberikan subsidi Rp50.000 per kepala, tetapi karena Covid-19 keuangan kita hanya mampu Rp35.000. Apabila SPP nya itu Rp100.000 dipotong Rp35.000. Kalau SPP nya Rp25.000 berarti menjadi free (gratis),” sambungnya. (E4)