6 Cara Menghemat Baterai Smartphone, Gak Pusing Lagi Deh!

  • Whatsapp
Ilustrasi smartphone (Dok. freepik)

INDIESPOT.ID, Medan – Saat ini siapa sih dari kita yang tidak menggunakan smartphone atau ponsel? Hampir semua orang saat ini menggunakan smartphone untuk memudahkan segala pekerjaan. Tapi terkadang kita dibuat kesal lantaran kehabisan baterai, padahal kita berada di situasi yang sangat penting. Sementara, kita nggak membawa powerbank atau menemukan stopkontak untuk melakukan pengisian daya.

Lantas apa yang bisa kita lakukan dalam situasi seperti ini? Tenang, ada beberapa hal yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai smartphone kok. Intip yuk!

Bacaan Lainnya

1. Mengurangi kecerahan layar

Langkah pertama yang mudah dilakukan untuk membuat baterai ponsel lebih awet adalah memerhatikan penggunaan kecerahan layar. Kita dapat menurunkan kecerahan layar agar tidak terlalu terang. Karena semakin terang layar, semakin banyak daya yang dibutuhkan.

2. Matikan layanan lokasi

Saat baterai sedang menipis, Ad baiknya kita untuk mematikan layanan lokasi saat baterai sedang menipis. Apalagi, jika berada di lokasi yang minim sinyal, mengaktifkan layanan lokasi akan membuat baterai lebih cepat terkuras dibanding saat berada di daerah dengan sinyal yang kuat. Karena pada situasi seperti ini, saat kita mengaktifkan layanan lokasi, smartphone akan terus menerima sinyal untuk melakukan pelacakan lokasi yang akurat. Hal ini bisa membuat baterai smartphone terkuras.

3. Pastikan suhu ponsel tetap normal

Setiap smartphone biasanya akan mudah terasa panas dalam suatu kondisi tertentu. Baik karena suhu tempat yang terlalu panas, atau karena memang sering digunakan. Kondisi ponsel yang terlalu panas juga dapat menyebabkan baterainya cepat habis lho.
Untuk itu, pastikan suhu ponsel kita agar tetap normal dan tidak terlalu panas. Jika dirasa sudah mulai panas, cobalah untuk menghentikan semua kegiatan dengan ponsel. Lalu lepas casing yang ia gunakan dan letakan di atas lantai untuk mempercepat pendinginan suhu ponsel.

4. Aktifkan mode hemat baterai

Setiap smartphone tentunya sudah dibekali fitur cerdas tambahan berupa mode penghemat baterai. Sesuai dengan namanya, fitur ini akan membantu kita untuk menghemat baterainya agar tidak cepat habis.

Saat ingin mengaktifkan mode ini, disarankan
penggunaannya ketika baterai tersisa 50 persen ke bawah, ya. Tujuannya agar kesehatan baterai tetap optimal dan nggak cepat boros. Penggunaan mode hemat baterai juga bisa digunakan diberbagai situasi, misalnya saat diperjalanan dan nggak memungkinkan untuk melakukan pengisian daya.

5. Manfaatkan mode pesawat

Selain mode hemat baterai, kitaa juga bisa memanfaatkan fitur canggih lainnya yakni mode pesawat. Mode ini biasanya digunakan ketika seseorang melakukan perjalanan dengan pesawat terbang. Namun, kita juga bisa memanfaatkannya untuk menghemat baterai ponsel sekaligus membantu mengurangi rasa panas yang timbul lho.

6. Kurangi penggunaan kamera

Saat baterai kita sudah menipis, sebaiknya kurangi penggunaan kamera. Apalagi, jika kita menggunakannya untuk merekam video dan menggunakan flash untuk menerangi kondisi di sekitar. Kalau nggak terlalu urgent, kita nggak perlu memakai kamera smartphone untuk memotret atau merekam video, terlebih jika baterai tinggal 10 persen.

Nah, itulah 6 hal yang bisa dilakukan untuk menghemat baterai smartphone yang semakin menipis. Kalau kamu, biasanya sering mempraktikkan tips yang mana? (Ika)