Wajib Tahu! Ini 5 Kebiasaan Agar Terhindar Dari Insomnia

  • Whatsapp
Ilustrasi / freepik.com

INDIESPOT.ID, Medan – Memiliki jadwal tidur malam yang teratur adalah keinginan setiap orang, agar tetap mampu menjaga kesehatan tubuhnya. Umumnya Kebanyakan orang membutuhkan waktu tidur 7 sampai 9 jam, tapi pada nyatanya kebanyakan orang masih tidak mampu memenuhi kebutuhan tidur setiap harinya. Jika kamu mengalami kesulitan tidur,5 kebiasaan ini bisa kamu coba agar kamu terhindar dari insomnia.

1. Makan malam lebih awal

Bacaan Lainnya

Makan malam lebih awal akan membuat kantuk akan lebih cepat datang pada malam harinya karena energi dari makanan benar-benar terserap. Jangan biasakan waktu makan malam dengan waktu tidurmu terlalu dekat, ya. Karena jika setelah makan malam kamu langsung tidur hal itu dapat menyebabkan asam lambung naik dan membuat kalian tetap terjaga pada malam harinya. So, cobalah makan 3-4 jam sebelum tidur agar rasa kantukmu datang lebih cepat.

2. Buat jadwal tidur

Supaya memudahkan kamu tidur tepat waktu, sebaiknya buat jadwal tidur deh. Membuat jadwal tidur juga memudahkan otak kamu mencerna bahwa pada waktu tersebut adalah waktu yang kamu jadwalkan untuk tidur. Jika waktu tidur kita tidak teratur, itu bisa menjadi pemicu insomnia lho! Nah, agar jam tidur kamu berkualitas, perlulah kamu membuat jadwal tidur sendiri.

3. Hindari bermain ponsel

Kebanyakan orang banyak yang lebih suka bermain ponsel daripada tidur. Padahal bermain ponsel dapat menjadi aktivitas adiktif atau ketergantungan. Karena kalau udah bermain ponsel, rasanya sulit untuk berhenti bahkan menyingkirkan ponsel dari kamu pun terasa sulit.

Bermain ponsel akan menjadikan waktu tidurmu tertunda dan berkurang. Dan bahayanya, bermain ponsel terlalu lama bisa menyebabkan insomnia. Oleh karena itu kamu harus menghindari bermain ponsel saat sudah memasuki jam tidur ya, agar terhindar dari insomnia.

4. Matikan lampu sebelum tidur

Ada baiknya matikan lampu sebelum tidur ya karena mematikan lampu saat akan tidur bisa memberikan sinyal pada tubuh kalian bahwa ini waktunya tidur. Selain itu, kebiasaan mematikan lampu saat akan tidur bisa meningkatkan kualitas tidur yang lebih baik. Yuk lakukan dari sekarang kebiasaan mematikan lampu saat akan tidur agar kualitas tidur kita menjadi lebih baik!

5. Hilangkan beban pikiran sebelum tidur

Saat kamu akan tidur, tenangkan pikiran kamu terlebih dulu dan fokuslah untuk tidur. Jangan memikirkan hal-hal yang terjadi pada esok hari yang belum tentu terjadi, kata kerennya sekarang adalah “overthinking”.

Kenapa sih harus menghilangkan segala beban pikiran sebelum tidur? Karena agar tidur terasa lebih nyaman dan rileks, kamu harus menghilangkan segala beban yang ada dipikiran. Agar tidurmu bisa nyaman dan rileks, Jangan kebanyakan overthinking ya guys! (Ika)