Target Vaksinasi Lansia Tercapai, Pemko Medan Lakukan Vaksin Anak Serentak Pekan Depan

  • Whatsapp
Walikota Medan Bobby Nasution (Istimewa)

INDIESPOT.ID, Medan – Pemerintah (Pemko) Medan akan melakukan vaksinasi anak secara serentak mulai Senin, 17 Januari, di sekolah dasar (SD), baik negeri atau swasta. Nantinya, Pemko Medan akan memberikan vaksin jenis sinovac kepada siswa sekolah dasar tersebut.

Hal itu disampaikan Walikota Medan, Bobby Nasution didampingi Kepala Dinas (Kadis) Kesehatan dr Taufik Ririansyah, Kadis Pendidikan Laksamana Putra Siregar, Kamis (13/1/2021).

Bacaan Lainnya

“Target vaksinasi untuk lanjut usia (lansia) sudah tercapai. Karena itu, vaksinasi anak 6 sampai 11 Tahun di Kota Medan dapat dilaksanakan menggunakan vaksin Sinovac,” sebut Bobby.

Dia berharap, vaksinasi dilakukan di sekolah-sekolah agar ketertiban terjaga.

“Karena anak-anak, perlakuan pasti berbeda dibanding orang dewasa. Selain itu, harus didampingi orangtua,” sarannya.

Terkait vaksinasi Booster, Bobby menyampaikan Kota Medan juga sudah bisa mulai melakukannya. Sebab, target vaksinasi secara umum maupun lansia telah tercapai.

“Untuk booster kemari sudah diizinkan namun kita masih mengejar yang vaksinasi lansia dosis 1 dan 2. Untuk dosis booster, dosis ketiga, ada 20 ribu dosis Pfizer, karena yang akan disuntikkan untuk Booster jenis pfizer. Ketentuannya juga sudah dijelaskan, yaitu yang sudah vaksin kedua lebih dari enam bulan,” urainya.

Dikatakannya, total vaksinasi lansia yang sudah dilakukan 204 ribu lebih. Dari jumlah itu, Pemko Medan akan menghitung kembali berapa jumlah lansia yang sudah melewati masa vaksin kedua lebih dari enam bulan. Khusus untuk vaksinasi booster, hanya setengah vial atau setengah dari dosis vaksinasi 1 dan 2.

“Itu yang akan kita prioritaskan, divaksin, Senin juga nanti dilaksanakan,” tandasnya. (Satria)