Pasien Corona B117 Sudah Sembuh, Satgas Sumut: Masyarakat Jangan Panik

  • Whatsapp
Satgas Sumut Imbau Masyarakat Waspadai Varian Baru Covid-19 di Sumut
(Indiespot.id/Freepik)

Indiespot.id-Medan. Satgas Penanganan Covid-19 Sumut mengungkap, ada satu pasien yang terpapar mutasi virus Corona B117 di Medan. Namun, pasien itu kini telah sembuh, ia terpapar pada 28 Januari 2021 lalu.

“Pasiennya sudah sehat, kasusnya terjadi pada Januari,” kata Jubir Satgas Penanganan Covid-19 Sumut Aris Yudhariansyah, Rabu (10/3).

Bacaan Lainnya

Aris mengatakan, pasien itu dinyatakan terpapar setelah sampel dari tes swab yang dikirimkan ke Jakarta pada Januari lalu menunjukkan mutasi virus Corona B117. Pihaknya pun kini tengah melacak kontak erat pasien itu.

“Ini masih kita lakukan tracing termasuk kepada orang-orang di sekitarnya, kontak erat termasuk dari mana dan kemana dia sebelumnya,” imbuhnya,

Lebih lanjut, kata Aris, pasien Corona B117 itu tidak memiliki riwayat perjalanan ke Inggris. “Jadi kasus seperti ini bukan berarti harus dari luar negeri. Bisa saja terinfeksi dari orang tanpa gejala dan mungkin telah terinfeksi varian baru itu,” jelasnya.

Oleh karena itu, Aris meminta agar masyarakat tidak perlu panik terhadap corona B117. Ia menuturkan, gejala yang ditimbulkannya virus B117 asal Inggris ini tidak lebih berat dari virus corona, hanya saja penyebarannya 40-70 persen lebih cepat dibandingkan Covid-19.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyebut 4 kasus ini tidak terkait dengan 2 kasus sebelumnya yang berasal dari Karawang, Jawa Barat. Dijelaskan Menkes Budi, berikut rincian 4 kasus terbaru varian Corona B117 di Indonesia.

  • Satu kasus di Palembang, Sumatera Selatan, pada 11 Januari 2021
  • Satu kasus di Kalimantan Selatan pada 6 Januari 2021
  • Satu kasus di Balikpapan, Kalimantan Timur, pada 12 Februari
  • Satu kasus di Medan, Sumatera Utara, pada 28 Januari.

“Keempatnya ini sudah tes positif genome sequencing-nya positif strain baru dari UK. Tapi mereka sudah sembuh dan sudah keluar,” jelas Budi. (EA)