Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2020, Gubsu: Jangan Sampai Menimbulkan Klaster Baru

  • Whatsapp

Indiespot.id-Medan, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi memimpin Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2020 bersama Polisi dan TNI di Markas Kepolisian Daerah Sumut Jalan Sisingamangaraja Medan, Senin (21/12).

“Di akhir tahun, aktivitas masyarakat meningkat. Ini berpotensi menimbulkan gangguan Kamtibmas, Kamseltibcar lantas dan pelanggaran protokol kesehatan. Karena itu, Operasi Lilin 2020 dilaksanakan selama 15 hari mulai 21 Desember 2020 sampai 4 Januari 2021,” kata Edy.

Bacaan Lainnya

Mantan Pangkostrad itu juga berharap Operasi Lilin pada tahun ini akan sedikit berbeda dari tahun sebelumnya. Aparat diminta juga lebih fokus pada antisipasi lonjakan kasus di situasi pandemi.

“Kita tidak boleh under estimate dan kurang waspada, harus lebih peduli. Jangan sampai perayaan Natal dan Tahun Baru menimbulkan klaster-klaster baru penyebaran Covid-19,” ujar Gubernur.

Gubsu menambahkan, jika mengacu pada pemetaan kerawanan yang telah dilakukan, ada sejumlah prediksi gangguan yang harus diantisipasi personel. Gangguan tersebut antara lain terorisme dan radikalisme, kriminalitas serta bencana alam seperti banjir dan tanah longsor sebagai dampak musim penghujan.

Terpisah, Kapolda Sumut Irjen Pol Martuani Sormin mengatakan Polda menurunkan 7.700 personelnya ditambah bantuan 2.000 personel dari Kodam I/BB. Selain itu pasukan juga melibatkan Kodim dan Koramil untuk memperkuat dan memperluas daerah Operasi Lilin 2020. (E4)