Jokowi: Vaksinasi Corona Akan Dimulai Pada Awal 2021

  • Whatsapp
Presiden Jokowi (Indiespot.id/Biro Pers Setneg)

Indiespot.id-Jakarta. Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengatakan pemberian vaksin kepada seluruh masyarakat akan dimulai pada awal tahun depan. Jokowi pun memastikan pemberian vaksin corona akan diberikan tanpa memungut biaya atau gratis.

“Pemerintah akan segera memberikan vaksin gratis ke seluruh rakyat, dan akan dimulai awal tahun 2021,” kata Jokowi dalam webinar Outlook Perekonomian Indonesia 2021, Selasa (22/12).

Bacaan Lainnya

Menurut Presiden, vaksinasi akan memulihkan kepercayaan masyarakat mengenai penanganan pandemi covid-19 oleh pemerintah. Ia menekankan, vaksinasi juga akan menimbulkan rasa aman di masyarakat, sehingga bisa memulihkan kembali perekonomian.

“Sehingga pemulihan ekonomi bisa berjalan lebih cepat, konsumsi akan naik dan kembali normal. Investasi diperkirakan akan meningkat karena adanya Undang-Undang Cipta Kerja,” jelasnya.

Di sisi lain, beberapa sektor telah mengalami perbaikan pada akhir 2020 ini, seperti angka ekspor yang sudah menunjukan tren peningkatan jelang memasuki 2021.

“Diharapkan tren ini terjaga dan meningkat di 2021. Terlebih lagi kita mendapatkan fasilitas GSP dari Amerika Serikat. Ini tentu akan mendorong kinerja ekspor kita,” harapnya.

Jokowi menambahkan, saat ini ekonomi Indonesia sudah mengalami perbaikan dengan kontraksi yang lebih rendah. Di tengah pandemi saat ini, ekonomi terkontraksi 5,32 persen di kuartal II yang kemudian membaik jadi minus 3,49 persen di kuartal III.

“Di tahun 2021, tentunya kebijakan yang baik di 2020 akan terus dilanjutkan akan terus diteruskan, terutama bidang kesehatan penanganan Covid-19 dan pemberian jaminan perlindungan sosial untuk rakyat,” pungkasnya. (EA)