Satgas Penanganan Covid-19 Sumut: Angka Kesembuhan Covid-19 Sumut Capai 82,45 Persen

  • Whatsapp
Juru Bicara Satgas Covid-19 Sumut dr Whiko Irwan (Indiespot.id/YouTube: Humas Sumut)

Indiespot.id-Medan. Angka kesembuhan Covid-19 di Sumatera Utara kembali mengalami peningkat. Hal tersebut disampaikan Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Sumut dr Whiko Irwan dalam laporan Mingguan Penanganan Covid-19, Senin (23/11).

“Angka Kesembuhan Sumatera Utara (Sumut) per 22 November 2020 mencapai 82,45 persen, atau meningkat 0,61 poin dibandingkan minggu sebelumnya 81,84 persen,” terang Whiko.

Bacaan Lainnya

Angka kesembuhan ini sudah jauh melampaui angka kesembuhan dunia sebesar 69,22 persen dan terus mendekati angka kesembuhan nasional yang mencapai 84 persen di hari yang sama.

Dalam sepekan terakhir, 591 pasien di Sumut dinyatakan sembuh dari virus corona. Per Senin (23/11), total akumulasi pasien sembuh menjadi 12.369 orang.

Begitu pula dengan angka kematian yang kembali mengalami penurunan sebesar 0,05 poin dari minggu sebelumnya menjadi 3,99 persen. Di mana dalam seminggu tercatat 17 orang meninggal dunia akibat Covid-19, totalnya 595 orang.

Update Data Kasus Covid-19 Sumut per 17 Nopember-23 Nopember 2020 (Indiespot.id/YouTube: Humas Sumut

 

Sementara itu, penambahan kasus konfirmasi tiap harinya masih berada dalam jumlah yang masif, di mana per Senin (23/11) meningkat sebanyak 83 atau 612 orang dalam sepekan, sehingga total keseluruhan pasien terkonfirmasi positif Covid-19 mencapai 14.988 orang.

“Sementara penderita Covid aktif Sumut sebanyak 2.024 orang. Dari angka tersebut, 1.525 penderita melaksanakan isolasi mandiri dan 499 penderita lainnya dirawat isolasi di rumah sakit,” kata Whiko.

Oleh sebab itu, penting bagi masyarakat agar tetap menerapkan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari guna memutus rantai penularan Covid-19 dengan menjalankan 3M, yakni menggunakan masker, menjaga jarak dan hindari kerumunan, serta mencuci tangan dengan air dan sabun.

“Tren yang baik dari perkembangan Covid-19 Sumut, tetap harus disadari bahwa kita masih berada pada masa pandemi. Terbukti dengan masih adanya ditemukan penderita Covid positif yang baru setiap harinya, sehingga tetap membutuhkan kewaspadaan dan konsistensi kita untuk melaksanakan protokol kesehatan dalam aktivitas kehidupan kita sehari-hari,” ujar Whiko.

Selain itu, menurut Whiko, Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Sumut Edy Rahmayadi juga meminta kepada kepala daerah kabupaten/kota terus meningkatkan penerapan protokol kesehatan di wilayahnya masing-masing.

“Agar aparat daerah setempat tetap konsisten melaksanakan pengawasan di lapangan, baik masyarakat maupun pelaku usaha, serta melakukan penindakan dan penegakan disiplin protokol kesehatan bagi yang mengabaikannya di daerah masing-masing,” kata Whiko. (EA)