Tanpa Obat, Ini 5 Cara Alami Atasi Sakit Kepala

  • Whatsapp

Indiespot.id-Medan. Sakit kepala merupakan hal yang kerap kali terjadi pada setiap orang. Tingkat rasa sakitnya pun beragam, ada yang sekadar membuat tidak nyaman hingga tak tertahankan seakan kepala akan pecah.

Biasanya, sakit kepala disebabkan oleh makanan, stres, atau kegiatan yang memicu rasa sakit ini muncul. Kondisi ini juga sering kali menjadi gejala berbagai jenis penyakit mulai dari yang ringan hingga berat.

Bacaan Lainnya

Banyak cara untuk mengatasi sakit ini, bisa langsung dengan mengonsumsi obat sakit kepala atau yang diresepkan dokter, bisa juga dengan perawatan alami yang efektif untuk meredakan sakit kepala. Berikut Indiespot rangkum dari Healthline!

1. Perbanyak Minum Air Putih

Tubuh yang mengalami dehidrasi dapat menyebabkan sakit kepala. Dalam buku Handbook of Clinical Neurology menyebutkan bahwa penelitian menunjukkan bahwa dehidrasi kronis merupakan penyebab umum sakit kepala akibat otot tegang dan migrain.

Dehidrasi juga dapat mengganggu konsentrasi dan menyebabkan seseorang menjadi cepat marah. Untuk menghindari sakit kepala akibat dehidrasi, kamu dapat mengonsumsi makanan dengan kandungan air dan minum air putih yang cukup.

Sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Nutrition Review menemukan bahwa minum air putih dapat meringankan gejala sakit kepala pada kebanyakan orang yang mengalami dehidrasi dalam waktu 30 menit hingg tiga jam.

2. Tidur yang Cukup

Bukan rahasia lagi jika kurang tidur dapat menimbulkan berbagai penyakit, salah satunya sakit kepala. Menurut The Journal of Head and Face Pain, mereka yang kurang tidur mengalami sakit kepala yang lebih sering dan parah.

Namun, terlalu banyak tidur juga terbukti memicu sakit kepala. Maka, mengatur waktu tidur yang tepat dapat membantu pencegahan sakit kepala secara alami.

3. Kompres Air Dingin

Selain dua cara di atas, kamu juga dapat mengompres air dingin atau es ke leher atau are kepala untuk mengurangi sakit kepala. Tak hanya itu, kompres air dingin juga membantu mengurangi peradangan, memperlambat konduksi saraf, dan menyempitkan pembuluh darah.

Hal inilah yang membantu meringankan rasa sakit kepala. Kamu bisa memasukkan es batu pada handuk lalu kompres pada leher atau dahi untuk meringankan gejala migrain. Lakukan selama 15 menit kemudian beristirahatlah selama 15 menit.

4. Minum Teh atau Kopi

Menghirup aroma minuman berkafein seperti teh atau kopi dapat membantu meringankan rasa sakit kepala.

Penelitian yang dipublikasikan dalam Journal of Headache and Pain menemukan bahwa kafein meningkatkan suasana hati, meningkatkan kewaspadaan, dan menyempitkan pembuluh darah, yang semuanya dapat memiliki efek positif pada gejala sakit kepala.

5. Gunakan Minyak Esensial

Minyak esensial adalah cairan dengan konsentrasi tinggi yang mengandung senyawa aromatik dari berbagai tumbuhan. Sebuah studi European Neurology mengamati menghirup minyak esensial lavender untuk mengobati migrain.

Sedangkan penelitian lain yang diterbitkan dalam jurnal Evidence-Based Complementary and Alternative Medicine menunjukkan mengoleskan minyak esensial lavender pada bibir atas (untuk dihirup) dapat mengurangi sakit migrain dan gejala yang terkait. (EA)