Jokowi Ucapkan Selamat ke Joe Biden dan Kamala Harris

  • Whatsapp

Indiespot.id-Jakarta. Presiden Joko Widodo mengucapkan selamat atas kemenangan Joe Biden dan Kamala Harris di Pilpres Amerika Serikat (AS) 2020. Ucapan itu Jokowi sampaikan melalui Instagramnya, Minggu (8/11).

My warmest congratulations @JoeBiden and @KamalaHarris on your historic election. The huge turn out is a reflection of the hope placed on democracy (Selamat kepada Joe Biden dan Kamala Harris atas Pemilu yang bersejarah. Hasil besar itu merupakan refleksi dari harapan pada demokrasi,” tulis Jokowi.

Bacaan Lainnya

https://www.instagram.com/p/CHUMXivBYZY/?utm_source=ig_web_copy_link

Menurutnya, kemenangan Biden dan Harris merupakan bentuk capaian dari demokrasi. Jokowi pun menanti kerja sama dengan Biden itu untuk mempererat kemitraan strategis antara Indonesia dan Amerika Serikat.

“Kami berharap dapat bekerja sama dengan Anda dalam memperkuat kemitraan strategis Indonesia-AS dan mendorong kerja sama kita di bidang ekonomi, demokrasi, dan multilateralisme untuk kepentingan warga negara kita bersama,” imbuhnya.

Dalam unggahan tersebut, Jokowi turut menyertakan foto dirinya yang disambut Biden pada 27 Oktober 2015 saat lawatan ke Naval Observatory, Washington DC. Kala itu Biden menjabat sebagai Wakil Presiden AS mendampingi Barrack Obama sebagai Presiden AS.

Sebelumnya Biden bersama Harris mendeklarasikan kemenangannya di Chase Center, Delaware, AS pada Sabtu (7/11) malam waktu setempat. Dalam siaran langsung di televisi setempat, terlihat ribuan pendukung Biden memenuhi lapangan Chase Center.

Joe Biden akan menjadi presiden terpilih ke-46 Amerika Serikat, setelah kemenangan di negara bagian tempat ia dilahirkan menempatkannya atas 270 suara elektoral yang dibutuhkan untuk menang. Dengan 20 suara elektoral Pennsylvania, Biden sekarang memiliki total 273 suara elektoral dengan Donald Trump  meraih 213 suara. (EA)