Wakil Mendag Bersama Gubsu Lepas Ekspor Produk Singkong dan Sarang Walet

  • Whatsapp
Wakil Mendag Jerry Sambuaga bersama Gubsu Edy melepas ekspor sarang burung walet dan produk berbasis singkong di Komplek MMTC, Jalan Willem Iskandar, Deliserdang, Sabtu (7/11/2020). (indiespot.id/Humas Sumut)

Indiespot.id-Medan, Wakil Menteri (Wamen) Perdagangan Jerry Sambuaga bersama Gubernur Sumatera Utara melepas ekspor sarang burung walet dan produk berbasis singkong di Komplek MMTC, Jalan Willem Iskandar, Deliserdang, Sabtu (7/11/2020).

Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengapresiasi pelaku usaha yang masih tetap melakukan ekspor meski di masa pandemi. “Saya apresiasi ini, pelaku usaha bisa meningkatkan ekspornya walaupun di dalam kondisi pandemi ini,” ujar Gubsu.

Bacaan Lainnya

Mantan Pangkostrad itu juga berharap kepada pelaku usaha agar memproduksi produk yang siap konsumsi. Sehingga permintaan produk terus meningkat.

“Saya ngomong sama pak Wamen tadi, ayolah kita jual berupa yang sudah siap makan atau siap saji,” kata Gubernur.

Hal senada juga diungkapkan Wakil Menteri Perdagangan Jerry Sambuaga, dia berharap kepada pelaku usaha untuk mengekspor barang olahan. Menurut Wamen, produk akan mendapat nilai tambah apabila diolah menjadi barang yang siap konsumsi.

“Produk sarang burung walet akan sangat lebih baik apabila siap saji sehingga bisa cepat dikonsumsi, ke depannya bagaimana ini bisa menjadi produk yang siap konsumsi dan akan menambah nilai tambah yang luar biasa,” ujar Wamen.

Adapun nilai ekspor kedua produk tersebut totalnya kurang lebih Rp 26 Miliar. Rp 25 miliar untuk sarang burung walet dan Rp 1 miliar untuk produk olahan singkong.

Menurut data yang ada, saat ini nilai ekspor Indonesia lebih tinggi ketimbang impor. Per 7 November 2020 total nilai ekspor Indonesia mencapai 13,51 Dollar Amerika. Dikatakannya Sumut adalah salah satu daerah penyumbang produk ekspor yang besar. Untuk itu Wamen berharap agar pemerintah daerah mengoptimalkan potensi daerahnya menjadi komoditas ekspor. (E4)