Kaca Gedung DPRD Sumut Pecah-Pecah Dilempar Pendemo

  • Whatsapp

indiespot.id – Medan, Ribuan buruh di Sumut dari sejumlah elemen masyarakat menyerbu Kantor DPRD Sumatera Utara untuk melakukan aksi unjuk rasa menolak RUU Cipta Kerja, Kamis (8/10) siang.

Aksi unjuk rasa menolak RUU Cipta Kerja menjadi Undang-Undang di depan Kantor DPRD Sumatera Utara, Jalan Imam Bonjol, Medan, Kamis (8/10), berujung ricuh. Akibatnya kaca gedung wakil rakyat itu hancur berserakan.

Bacaan Lainnya

Berdasarkan pantuan di lapangan aksi unjuk rasa memanas sekitar pukul 12.00 WIB. Massa melempari gedung dewan menggunakan batu yang mengakibatkan kacanya berpecahan.

Sementara petugas kepolisian terus melakukan imbauan kepada massa aksi. Bahkan Kapolrestabes Medan, Kombes Pol. Riko Sunarko, yang menggunakan pengeras suara terus mengimbau massa agar tidak anarkis.

“Kepada adik-adik, tolong jangan melakukan pelemparan. Sebab di sekitar kita dipantau oleh CCTV. Tolong kepada adik-adik bisa dimengerti,” ucap Riko.

Massa yang tidak mengindahkan imbauan itu, terus saja melakukan pelemparan ke arah Kantor DPRD Sumut. Bahkan sebagian massa merusak pagar gedung yang berada di sisi kanan bangunan.

Melihat massa yang mulai tidak terkendali, petugas akhirnya melakukan penyemprotan water canon ke arah peserta aksi. Tidak hanya itu, petugas juga menembakan gas air mata ke arah massa.

Hingga berita diturunkan, situasi di kawasan Kantor DPRD Sumatera Utara masih ricuh. Petugas masih terus menembakan gas air mata sembari mengimbau massa agar tidak anarkis.

Seperti diketahui, aksi ini merupakan imbas dari disahkannya RUU Cipta Kerja menjadi Undang-Undang oleh DPR RI, Senin (5/10) lalu.[e3]