Dedi Iskandar : Sekolah Binaan Al Washliyah Harus Memiliki Kurikulum Kitab dan Tahfidz

  • Whatsapp
Ketua Pengurus Wilayah Al Washliyah Sumatera Utara (Sumut), Dr. H. Dedi Iskandar Batubara, S.Sos., S.H., M.S.P. (Istimewa)

INDIESPOT.ID, Medan – Ketua Pengurus Wilayah Al Washliyah Sumatera Utara (Sumut), Dr. H. Dedi Iskandar Batubara, S.Sos., S.H., M.S.P, mengatakan bahwa sekolah binaan Al Washliyah harus memiliki identitas kurikulum kitab dan kurikulum tahfidz.

“Organisasi Islam yang Besar di Sumatera Utara ini tentunya bukan sekadar organisasi yang hanya ramai saat datang ketika Milad Al Washliyah saja, kedepannya kita akan gilir sekolah-sekolah untuk didatangi sebagai tonggak pendidikan yang tidak hanya memiliki identitas kurikulum kitab saja, melainkan identitas kurikulum tahfidz yang tepat untuk seluruh sekolah binaan kita,” ujar Dedi, Kamis (4/8/2022).

Bacaan Lainnya

Lebih lanjut, kata Dedi, cara itu dilakukan untuk mempertahankan eksistensi sekolah-sekolah yang dinaungi oleh Al Washliyah.

“Al Washliyah saat ini haruslah memiliki keluaran yang jelas, si anak yang dititipkan tentunya memiliki tujuan untuk bisa lebih baik lagi dari para alumni-alumni yang lalu,” katanya.

Dedi berharap, anak didik dari sekolah binaan Al Washliyah tidak hanya bisa lulus dalam program masuk perguruan tinggi negeri saja, melainkan juga memiliki hafalan Quran.

“Tentu tidak hanya sebagaimana contoh yang ada oleh salah satu sekolah di Medan ini, yang mampu menempatkan seluruh anak didiknya untuk melanjutkan Pendidikan di Perguruan Tinggi Negeri. Namun juga mampu memiliki hafalan Alquran sebagai bentuk fungsi Alquran yaitu hidayah dan rujukan ilmu,” ungkapnya.

Senator Sumut ini juga menyampaikan hadirnya para organisasi hafidz yang dipimpin oleh generasi-generasi energik dan padu tentunya menjadi mesin baru bagi Al Washliyah untuk diberdayakan dalam pembinaan. Selain itu, ia juga mengatakan hal itu dapat menambah kegiatan-kegiatan rutin di Kantor Pengurus Wilayah Al Washliyah Sumut nantinya.

Ketua Umum Persaudaraan Hafidz Hafidzoh Islamic Centre Sumatera Utara, Bachtiar Ahmad Fani Rangkuti, M.Si, menyampaikan dukungannya terkait pembinaan yang akan dilakukan Al Washliyah.

“Tentunya akan mendukung penuh terkait pembinaan, nantinya akan sama-sama disinergikan dengan Simaan Center Indonesia yang pimpin oleh Ketua Umum Andi Zainal, S.Pd.I,” katanya.

Penerapan yang seragam ini tentunya akan memanfaatkan rancangan program kebijakan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI untuk setiap sekolah-sekolah yang berlabelkan Al Washliyah,” tambah Ahmad Fani.

Sebelumnya, Dedi yang didampingi Sekretaris PD Ikatan Pelajar Al Washliyah Labuhan Batu Utara (Labur), Rahmat Syah Nasution menerim menerima kunjungan dari Ketua Umum Persaudaraan Hafidz Hafidzoh Islamic Centre Sumatera Utara Bachtiar Ahmad Fani Rangkuti, M.Si, perwakilan Ketua Umum Simaan Center Indonesia Andi Zainal, S.Pd.I di Kantor Pengurus Wilayah Al Washliyah Sumut, Kamis (4/8/2022) kemarin. (Dim)