Punya Mata Panda? Jangan Khawatir Ini Tips yang Cepat dan Efektif untuk Mengatasinya

  • Whatsapp
Ilustrasi / freepik.com

INDIESPOT.ID, Medan – Saat seseorang sedang kelelahan atau kurang tidur, maka di bawah mata akan terdapat kantung mata yang menghitam. Hal tersebut biasanya disebut dengan mata panda. Biasany sih kondisi ini disertai dengan pembengkakan pada mata. Memang sih mata itu bersifat sementara, tapi tetap aja itu dapat mengganggu penampilanmu. Tapi tenang, kamu nggak perlu lagu khawatir. Karena tips di bawah ini dapat kamu coba untuk mengatasi mata panda. Penasaran apa aja tipsnya? Yuk simak terus!

1. Tidur yang cukup

Bacaan Lainnya

Kurang tidur menjadi salah satu penyebab mata panda yang paling umum. Maka itu, kamu bisa mengatasi kekurangan tersebut dengan tidur yang cukup. Dengan istirhat yang cukup, tubuh tentunya akan tampak lebih segar dan masalah mata panda dapat dihindari. Itu mengapa disarankan untuk tidur selama tujuh hingga sembilan jam setiap malam. So, mulai sekarang hindari begadang ya!

2. Rutin minum air 

Selain karena kurang tidur, mata panda juda bisa muncul dikarenakan dehidrasi. Agar kulit di sekitar mata kembali normal, kamu perlu memperbanyak asupan cairan. Disarankan untuk mengonsumsi air putih sebanyak delapan gelas sehari. Namun, asupanmu dapat meningkat jika kamu melakukan aktivitas berat atau berada di bawah sinar matahari untuk waktu yang lama.

3. Gunakan timun untuk mengompres mata

Timun memiliki kandungan yang sangat bermanfaat untuk mengatasi kantung mata. Makanya disarankan memggunakan timun untuk mengompres mata. Manfaat mengompres matamu dengan timun mampu menenangkan kulit serta menghilangkan bengkak di sekitar mata. Kandungan air dan vitamin C yang tinggi pada timun juga dapat menyehatkan dan melembabkan kulit. Kamu bisa melakukannya dengan cara memotong timun yang sudah dibersihkan secara tipis kemudian tempelkan pada area mata. Cara itu diyakini paling ampuh untuk mengatasi mata panda.

4. Gunakan kantung teh

Selain memggunakan timu, menggunakan kantung teh juga merupakan cara cepat untuk mengatasi mata panda. Teh memiliki kandungan antioksidan yang mampu membantu merangsang sirkulasi darah, menyempitkan pembuluh darah yang melebar, dan mengurangi akumulasi air di bawah kulit pada sekitar mata. Nah, caranya mudah kok. Kamu cukup m rendam kantong teh dalam air panas selama lima menit. Kemudian biarkan teh di lemari es hingga dingin, lalu letakkan kantung teh pada matamu dan biarkan selama sepuluh hingga dua puluh menit.

5. Hindari mengonsumsi kafein

Bagi kamu yang merupakan caffeine lovers, disarankan untuk menghindarinya. Kafein ternyata dapat memberikan efek buruk untuk tubuhmu yang mampu menyebabkan dehidrasi sehingga membuat wajahmu tampak kelelahan dan tidak segar. Nggak cuma itu, mengonsumsi kopi juga dapat membuatmu untuk kesusahan tidur sehingga mata panda yang muncul pada wajah semakin sulit untuk dihilangkan. (Ika)