Dr Muryanto Amin Resmi Dilantik Jadi Rektor USU ke-16

  • Whatsapp
Dr Muryanto Amin Resmi Dilantik Jadi Rektor USU ke-16
Dr Muryanto Amin Resmi Dilantik Jadi Rektor USU ke-16 (Indiespot.id/Humas USU)

Indiespot.id-Medan. Dr Muryanto Amin resmi dilantik menjadi Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) periode 2021-2026 di Auditorium Gedung D Lantai 2, Komplek Kemendikbud, Jakarta Pusat, Kamis (28/1/2021).

Muryanto dilantik langsung oleh Ketua Majelis Wali Amanat (MWA) USU Dr Kartini Panjaitan Sjarir. Pelantikan ini sekaligus sebagai bukti bahwa Dr Muryanto Amin dinyatakan tidak bersalah atas dugaan self-plagiarism dan berhak untuk dilantik menjadi rektor USU ke-16

Bacaan Lainnya
Dr Muryanto Amin Resmi Dilantik Jadi Rektor USU ke-16
Dr Muryanto Amin sesaat setelah dilantik menjadi Rektor USU ke-16 (Indiespot.id/Humas USU)

Dalam sambutannya, Kartini agar seluruh unsur universitas memahami bahwa tidak ada pihak yang kalah maupun menang, karena sebagai civitas akademika semuanya berbuat untuk kemajuan universitas.

“Sekarang waktunya untuk bersatu, bahu membahu membangun USU lebih baik. Saya meminta kepada rektor terpilih Dr Muryanto Amin untuk memulai kiprahnya dengan semangat, merangkul semua dan memberdayakan semua potensi yang ada. Inilah tantangan Rektor USU ke depan, jangan takut bersikap dan harus bisa menjadi pemimpin yang mengayomi semua,” katanya.

Dalam kesempatan itu, ia pun mengucapkan terima kasih dan mengapresiasi kinerja Rektor Prof Dr Runtung Sitepu, Rektor USU sebelumnya dan seluruh jajarannya yang telah membawa kemajuan dan banyak pencapaian terbaik bagi USU.

Tak hanya kepada Runtung, ia juga mengucapkan terima kasih kepada Menteri Pendidikan dan Kebudayaan beserta jajaran yang telah memberikan perhatian dan dukungan yang sungguh-sungguh terhadap USU serta memfasilitasi pelaksanaan pelantikan Rektor USU.

Muryanto berharap, di masa kepemimpinannya  seluruh civitas akademika USU dapat kembali menyatukan energi dan kekuatan untuk membangun USU yang lebih baik ke depannya.

Dr Muryanto Amin Resmi Dilantik Jadi Rektor USU ke-16
Dr Muryanto Amin Resmi Dilantik Jadi Rektor USU ke-16 (Indiespot.id/Humas USU)

Terlebih tantangan yang dihadapi juga semakin berat, khususnya dalam mewujudkan visi dan misi USU untuk masuk dalam jajaran world class university serta melakukan adaptasi teknologi dalam metode pembelajaran di tengah pandemi yang belum juga kunjung melandai.

Ia menyatakan, seluruh sumber daya yang dimiliki USU harus sepenuhnya dimanfaatkan secara optimal untuk memperbaiki sektor-sektor yang belum tersentuh dan juga menyempurnakan pekerjaan-pekerjaan yang sudah dimulai di masa kepemimpinan rektor sebelumnya.

“USU juga akan meningkatkan kerjasama dengan berbagai pihak, seperti pemerintah maupun pihak-pihak terkait lainnya dalam membangun USU yang lebih baik, serta dalam bingkai pelaksanaan tridharma perguruan tinggi,” pungkasnya. (EA)