Istana Siapkan Vaksinasi Jokowi, Penyuntikkan Akan Disiarkan Langsung

  • Whatsapp
Presiden Jokowi akan menerima vaksin corona Sinovac esok hari (Indiespot.id/Biro Pers Setneg)

Indiespot.id-Jakarta. Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan menerima vaksin Covid-19 Sinovac besok, Rabu (13/1). Penyuntikkan vaksin perdana ini akan disiarkan secara langsung dan bisa disaksikan oleh seluruh rakyat Indonesia.

“Besok saat penyuntikan perdana tersebut juga akan disiarkan secara live streaming. Jadi prosesnya seperti apa, bisa dilihat langsung besok,” kata Deputi Bidang Protokol, Pers dan Media, Sekretariat Bey Triadi Machmudin, Selasa (12/1).

Bacaan Lainnya
Jokowi saat Meninjau Fasilitas Produksi Vaksin Corona di Bio Farma (Indiespot.id/Biro Pers Setneg)

Vaksinasi itu akan dilangsungkan di pagi hari, namun lebih lanjut, Bey belum mengonfirmasi di jam berapa dan di mana proses vaksinasi dilaksanakan. Ia menyebut, saat ini pihaknya masih berkoordinasi dengan pihak dari Kementerian Kesehatan soal teknis penyuntikan.

“Rencana besok pagi penyuntikan vaksin perdana untuk Presiden. Kami (Sekretariat Presiden) sedang mempersiapkan dan berkoordinasi dengan Kementerian Kesehatan untuk pengaturan tata cara vaksinasi,” ujar Bey.

Sebelumnya, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin memastikan pemerintah akan memulai melaksanakan vaksinasi Covid-19 pada Rabu 13 Januari 2021. Di mana Presiden Jokowi akan menjadi orang pertama yang divaksinasi.

Selain Jokowi, besok juga akan ada pejabat hingga perwakilan masyarakat yang juga bakal disuntik vaksin. Satu hari setelahnya, tenaga kesehatan di seluruh Indonesia akan divaksinasi massal di daerahnya masing-masing guna memutus rantai penyebaran Covid-19.

BPOM juga telah mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 Sinovac pada Senin (11/1). Berdasarkan hasil uji klinis hingga tahap akhir, diketahui tingkat efikasi vaksin Sinovac di Indonesia mencapai angka 65,3 persen. (EA)