Sumut Terima 40 Ribu Vaksin, Gubsu Edy: Tenaga Kesehatan Dahulu

  • Whatsapp
Gubsu Edy Rahmayadi. (indiespot.id/Humas Sumut)

Indiespot.id-Medan, Pemerintah mulai mendistribusikan vaksin sinovac ke sejumlah daerah di Indonesia. Adapun Provinisi Sumatera Utara rencananya akan menerima sebanyak 40 ribu dosis vaksin. Vaksin tersebut nantinya diprioritaskan untuk tenaga kesehatan.

“Ada 40 ribu vaksin yang akan tiba ke Sumut, akan digunakan tenaga kesehatan dahulu,” ujar Gubsu Edy, Senin (4/1).

Bacaan Lainnya

Orang nomor satu di Sumut itu menambahkan, saat ini pihaknya telah menyiapkan gudang untuk tempat vaksin. Namun, saat ditanya kapan vaksin itu akan tiba, Gubsu mengatakan dirinya masih berkordinasi dengan pemerintah pusat hingga saat ini.

“Hari ini kita rapatkan,” ujar Edy.

Sebelumnya 1,8 juta vaksin sinovac asal China siap pakai tiba di Bandara Soekarno-Hatta, Kamis (31/12). Vaksin itu lalu disimpan di Gudang Bio Farma, Kota Bandung. Saat ini vaksin tersebut, sedang dalam proses pendistribusian ke 34 Provinsi di Indonesia.

“Jadi mulai hari ini vaksin akan kita distribusikan ke 34 provinsi. Sudah kita siapkan juga bahwa fasilitas kesehatan kita didukung lebih dari 10 ribu Puskesmas. Ada KKP (Kantor Kesehatan Pelabuhan) 40 sekian. Semuanya sudah disiapkan untuk rantai dinginnya untuk menerima vaksin ini,” kata Juru bicara COVID-19 PT Bio Farma, Bambang Harianto, dalam konferensi pers virtual, Minggu (3/1). (E4)