Pendirian Fakultas Ketahanan Nasional Jadi Program Unggulan Calon Rektor USU Prof Arif

  • Whatsapp
Prof Arif Nasution saat menyampaikan visi misi menjadi calon Rektor USU pada sebuah kesempatan di Medan. (indiespot.id/istimewa)

Indiespot.id-Medan, Calon Rektor Universitas Sumatera Utara periode 2021-2026, Professor Muhammad Arif Nasution menyampaikan program unggulannya mengenai pendirian Fakultas Ketahanan Nasional. Menurutnya hal itu bagian dari pembangunan integritas.

“Pendirian Fakultas Ketahanan Nasional, merupakan salah satu dari empat program unggulan saya. Pendirian fakultas tersebut bagian dari upaya melahirkan generasi penerus bangsa yang memiliki wawasan Kebangsaan,” ungkap Prof Arif di Medan, Jumat (27/11).

Bacaan Lainnya

Guru besar Fisipol USU tersebut menilai, sudah saatnya negara Indonesia berdaulat atas hasil buminya. Menurutnya ketahanan nasional ialah yang mencakup segala aspek dan menjadikan bangsa yang mandiri.

“Pendirian Fakultas Ketahanan Nasional juga dilakukan dalam rangka menolak penyebaran faham radikalisme, terorisme dan anarkis yang bertentangan dengan ideologi pancasila,” sambungnya.

Pada pemaparanya Prof M Arif Nasution memiliki 4 program unggulan, antara lain, peningkatan sumber daya manusia, peningkatan mutu pendidikan, pembangunan integritas serta penguatan kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat.

Pemilihan Rektor USU periode 2021-2026 sesuai rencana pada 3 Desember 2020. Ini merupakan rangkaian terakhir dari seluruh tahapan yang ada. Pada tahapan ini, Majelis Wali Amanat (MWA) USU akan memilih satu dari tiga calon yang lolos penyaringan oleh senat USU. Ketiganya adalah Prof Farhat, Prof M Arif Nasution dan Dr Muryanto Amin.

Ketiga nama inilah yang akan dipilih MWA. Jumlah MWA terdiri dari 21 orang. Termasuk di dalamnya Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, gubernur, rektor, unsur senat dan perwakilan masyarakat. Adapun Menteri Pendidikan Kebudayaan nantinya ikut memilih, dengan suara sebesar 35%. (E4)