Elang Alap Jambul Kembali Dilepas Liarkan Warga, Sempat Tersangkut Jaring Kebun

  • Whatsapp
Elang Alap Jambul yang telah dilepas liarkan kembali. (indiespot.id/istimewa)

Indiespot.id-Sumut, Seekor Elang Alap Jambul kembali dilepas liarkan warga, usai elang malang itu tersangkut jaring di kebun warga di Desa Sait Kalangan Dua, Kecamatan Tukka, Kabupaten Tapanuli Tengah, Sumatera Utara.

Belzasar Sitompul, pemuda setempat yang mengetahui kejadian itu, kemudian meminta kepada warga yang menemukan. Belzasar lantas menginformasikannya kepada Komunitas Menjaga Pantai Barat (Komantab). Kesepakatan akhirnya diambil, burung itu pun kemudian dilepas.

Bacaan Lainnya

“Sehat kok Elangnya, daripada dimakan orang itu burungnya, makanya kuminta, itulah kuinformasikan ke kawan-kawan Komantab,” ujar Belzasar.

Pengakuan Belzasar, beberapa orang juga sempat meminta kepadanya untuk membeli burung elang tersebut, namun Belzasar menolak dan menegaskan akan kembali melepasnya di hutan.

“Tapi setelah ngobrol dengan teman-teman Komantab, disebut ini Elang Alap Jambul, salah satu hewan dilindungi itulah makanya kita akan lepaskan bersama-sama,” kata Belzasar.

Elang Alap Jambul akhirnya dilepas liarkan kembali oleh warga, setelah burung malang itu tersangkut jaring di kebun warga. (indiespot.id/istimewa)

Sekretaris Komantab, Afrizal Prima Pohan mengapresiasi sikap Belzasar melindungi Elang Alap Jambul itu. Menurut dia, kesadaran penyelamatan lingkungan, termasuk hewan, memang harus terus dilakukan, terutama di generasi muda.

“Itu makanya kita apresiasi dan datang ke DeSKa, untuk merilisnya bersama-sama kembali ke habitatnya,” kata pria yang akrab disapa Prima ini.

Kita juga telah meminta Belzasar agar tetap berkomitmen menjaga hutan bersama warga lain di desa itu. Apalagi DeSKa merupakan desa yang memiliki segudang potensi pariwisata yang mengandalkan keragaman alamnya. (E4)

Pos terkait