Gubsu Tinjau Food Estate di Humbahas, Konsep Sumut Agraris Segera Terwujud

  • Whatsapp
Gubsu Edy Rahmayadi saat meninjau lokasi food estate di Humbahas. (indiespot.id/Humas Sumut)

Indiespot.id-Sumut, Gubernur Sumatera Utara (Sumut) Edy Rahmayadi meninjau langsung lokasi Food Estate di Desa Ria Ria Kecamatan Sipolung Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Senin (26/10).

Peresmian lahan pertanian terpadu Food estate tersebut rencananya akan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo pada Selasa (27/10).

Bacaan Lainnya

Didampingi Pangdam I Bukit Barisan, Mayjen TNI Irwansyah dan Kapolda Sumut, Irjen Pol Martuani Sormin, Gubsu Edy Rahmayadi berkeliling melihat-lihat areal yang nantinya akan dibangun program pertanian yang terintegritasi.

“Penyediaan kebutuhan beberapa komoditas kita di Sumut masih sedikit bisa dipenuhi dari sini (dalam provinsi). Untuk Sumut (sendiri) saja masih kurang, belum lagi untuk Sumatera,” ujar Gubernur saat meninjau lapangan.

Gubsu Edy Rahmayadi berkeliling melihat-lihat areal Food Estate yang rencananya akan diresmikan oleh Presiden Jokowi. (indiespot.id/Humas Sumut)

Dicontohkannya, bahwa komoditas bawang merah masih harus dipasok dari Brebes (Jawa Tengah). Padahal menurut Gubernur, lahan di Sumut cukup subur dan areal yang potensial cukup luas. Untuk itu dirinya menekankan bahwa langkah ini perlu dimulai dengan menjadikan Humbahas sebagai kawasan dimulainya program Food Estate pemerintah pusat.

“Kita berharap pasokan bawang putih, bawang merah, kentang, wortel selain dari Tanah Karo, itu nanti dari sini. Jadi pusatnya nanti dari sini, karena lahannya masih begini besar,” kata Edy.

“Doakan semoga besok (Selasa, 27 Oktober 2020) dibuka oleh Presiden (Food Estate). Dananya dari APBN dan APBD (Provinsi). Dan nanti ada bantuan dari investor yang menanamkan modalnya untuk pertanian dan peternakan, berupa kerbau dan sapi,” katanya.

Program Food Estate merupakan konsep pengembangan yang dilakukan secara terintegrasi mencakup pertanian, perkebunan bahkan peternakan di suatu kawasan. Rencananya food estate ini akan menjadi salah satu Program Startegis Nasional (PSN) 2020-2024. (E4)