109 Ton Ikan Budidaya di Perairan Danau Toba Mati Mendadak

  • Whatsapp

Indiespot.id-Samosir. Dinas Pertanian dan Perikanan Samosir mencatat ada 109 ton ikan yang dibudidaya mati mendadak di Kerambah Jaring Apung (KJA) Danau Toba di Kabupaten Samosir, Sumatra Utara, Jum’at (23/10).

“Dari KJA yang ikanya mati berjumlah 38 KJA, dan data dari sata sementara ada 109 ton ikan yang mati,” ujar Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan Samosir Vicktor Sitinjak dilansir dari Kumparan, Jum’at (23/10).

Bacaan Lainnya

Vicktor mengatakan, kejadian seperti ini bukan kali pertama terjadi. Sebelumnya di tahun 2019, kejadian serupa terjadi di perbatasan Kabupaten Dairi dan Kabupaten Samosir. Sedangkan tahun ini, lokasi KJA yang mati kebanyakan di Desa si Ogung-ogung, Kecamatan Pangururan.

Ikan di KJA bermatian sejak Kamis (23/10). Dugaan sementara karena faktor cuaca yang terjadi di kawasan Danau Toba.

“Karena airnya terlalu dangkal ini, jadi kemarin ada angin kencang, mengakibatkan air berputar ke bawah, naik lah kotoran yang dibawa kerambah, sehingga ikan yang dikerambah jadi tidak bisa bernafas, karena oksigenya kurang,” Jelas Vicktor

“Jadi bukan karena tercemar penyakit atau apa. Bukan karena memang airnya berputar, naik sendiri ke atas sehingga, ikan tidak bisa bernafas,” imbuhnya

Untuk mengantisipasi terulangnya kejadian serupa, pihaknya menyarankan agar KJA yang lokasinya rendah segera dipindahkan ke yang lebih dalam.

“Jadi kalaupun berputar di bawa tidak sampai ke atas. Dibawa aja,” ujarnya

Berdasarkan koordinasi dengan Camat Pangururan, bangkai ikan akan dikubur massal di Kecamatan Hutatinggi. Pihaknya akanmengumpulkan bangkai ikan dan memasukkannya ke karungdan  dibawa menggunakan alat berat ke tepi danau.kemudian dibawa menggunakan truk ke lokasi penguburan. “Truk dilapisi plastik supaya air yang dibawa bangkai ikan tidak tercecer dan menimbulkan bau busuk,” pungkas Vicktor.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul “Ratusan Ton Ikan Mati Mendadak di Danau Toba”, Klik untuk baca: https://medan.kompas.com/read/2020/10/23/23003711/ratusan-ton-ikan-mati-mendadak-di-danau-toba.
Penulis : Kontributor Medan, Mei Leandha
Editor : Farid Assifa

Download aplikasi Kompas.com untuk akses berita lebih mudah dan cepat:
Android: https://bit.ly/3g85pkA
iOS: https://apple.co/3hXWJ0L