Jokowi Gelar Rapat Terbatas Mengantisipasi Lonjakan Tajam di Libur Panjang Pekan Depan

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo dalam Rapat Terbatas Membahas Antisipasi Lonjakan Kasus Covid-19 saat Libur Panjang (Indiespot.id/Setpres RI)

Indiespot.id-Jakarta. Libur panjang menanti masyarakat pekan depan. Mengingat 29 Oktober bertepatan dengan Maulid Nabi Muhammad SAW. dan pemerintah memberikan cuti bersama di 28 dan 30 Oktober.

Untuk mengatasi terjadinya lonjakan kasus Covid-19, Presiden Jokowi menggelar rapat terbatas mengenai hal tersebut dan mengingatkan jajarannya agar peningkatan laju penularan itu tidak  kembali terjadi.

Bacaan Lainnya

“Kita ada pengalaman libur panjang pada satu setengah bulan lalu. Setelah itu terjadi kenaikan (kasus Covid-19) yang agak tinggi,” kata Jokowi, Senin (19/10).

Pemerintah kini telah mulai melakukan berbagai persiapan agar lonjakan tajam itu tidak kembali terulang. Baik pemerintah pusat maupun daerah pun tidak akan segan melakukan intervensi.

“Dibantu oleh seluruh komponen yang ada di seluruh di provinsi, kabupaten/kota. TNI/Polri, relawan dan tokoh yang ada di daerah,” kata Juru Bicara Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Doni Monardo, Senin (19/10).

Doni memaparkan, dalam beberapa minggu terakhir perkembangan kasus aktif Covid-19 di tanah air mulai menurun. Maka dari itu, perlu adanya kerjasama agar kasus tidak kembali melonjak. Ia pun mengimbau agar masyarakat memilih liburan yang aman dan nyaman tanpa kerumunan.

Saat ini, berdasarkan data per 19 Oktober 2020, rata-rata kasus aktif di Indonesia berada pada angka 17,35 persen. Angka tersebut sudah lebih rendah dari rata-rata kasus aktif dunia yang mencapai 22,54 persen. (EA)