Idulfitri, Trafik Data Indosat Naik Signifikan Hingga 21% : Jaringan Andal Bebas Hambatan

  • Whatsapp

INDIESPOT,CO.ID JAKARTA – Indosat Ooredoo Hutchison (Indosat atau IOH) mencatatkan pertumbuhan signifikan dalam penggunaan layanan datanya selama perayaan Idulfitri 1446 H. Tercatat, lonjakan trafik data mencapai 21% dibandingkan hari biasa, didorong oleh masifnya penggunaan aplikasi digital oleh masyarakat selama bulan Ramadan dan libur Lebaran.

Lima aplikasi teratas yang mengalami peningkatan aktivitas digital tertinggi di jaringan Indosat secara berturut-turut adalah WhatsApp, TikTok, Facebook, YouTube, dan Instagram. Kebutuhan digital yang tinggi ini berhasil diantisipasi oleh Indosat berkat kesiapan jaringan yang andal dan merata di seluruh Indonesia. Puncak kenaikan lalu lintas data sendiri terjadi pada saat arus balik Lebaran, yaitu tanggal 4 April 2025.

Bacaan Lainnya

Secara regional, Indosat mencatat peningkatan trafik data tertinggi di berbagai kota di Indonesia. Untuk wilayah Sumatra, Kota Bumi, Padang, Siantar, dan Tebing Tinggi menjadi wilayah dengan pertumbuhan trafik data paling tinggi.

Bahkan, secara khusus di area Metro – Kotabumi Sumatra Bagian Selatan, lonjakan trafik mencapai angka fantastis yaitu 40%, diikuti oleh Baturaja dan Bandar Lampung dengan kenaikan di kisaran 30%. Sementara itu, Padang Sidempuan dan Aceh memimpin pertumbuhan di Sumatra bagian Utara dengan kenaikan hingga 36%, dan Padang menjadi yang tertinggi di Sumatra bagian Tengah dengan kenaikan 30,2%, disusul Jambi dan Pekanbaru.

Di wilayah Jakarta Raya, Bogor, Pandeglang, dan Sukabumi mencatatkan peningkatan trafik data tertinggi. Untuk wilayah Jawa, kota-kota seperti Garut, Kebumen, dan Madiun mengalami lonjakan penggunaan data yang signifikan.

Di Bali dan Nusa Tenggara, Flores Timur, Sumbawa, dan Lombok menjadi daerah dengan kenaikan trafik data paling tinggi. Tak ketinggalan, Singkawang, Bone, Gowa, dan Palu menjadi wilayah dengan trafik data tertinggi di Kalimantan, Sulawesi, Maluku, dan Papua.

Indosat memastikan kualitas jaringannya tetap optimal di tengah lonjakan kebutuhan komunikasi digital ini. Optimasi khusus juga dilakukan di area-area dengan potensi kepadatan tinggi seperti stasiun, terminal, rest area, hingga destinasi wisata populer untuk menjaga kestabilan konektivitas.

Desmond Cheung, Director and Chief Technology Officer Indosat Ooredoo Hutchison, menekankan komitmen perusahaan terhadap kualitas layanan.

“Kami percaya bahwa teknologi yang mutakhir harus diiringi oleh sentuhan tangan manusia. Layanan yang kami hadirkan selama periode Hari Raya Idulfitri ini merupakan bukti nyata dari komitmen kami terhadap Unparalleled Network Services Guaranteed, juga dedikasi para engineer di lapangan agar pelanggan dapat menikmati pengalaman digital yang lancar,” ujarnya dalam keterangan tertulis yang diterima redaksi.

Ribuan Petugas Siaga Demi Koneksi Tanpa Hambatan
Di balik kelancaran jaringan Indosat selama periode sibuk ini, terdapat lebih dari 3.000 engineer dan petugas teknis yang siaga di seluruh Indonesia. Mereka bekerja tanpa lelah, termasuk di Digital Intelligence Operations Center (DIOC), untuk memastikan pelanggan tetap terhubung dengan keluarga dan kerabat tercinta.

Imam Susanto, petugas lapangan Indosat yang bertugas di jalur mudik wilayah Semarang, berbagi pengalamannya.

“Bagi kami, ini lebih dari sekadar tugas, melainkan bentuk pengabdian di momen Lebaran yang bernilai ibadah. Kami memahami betul betapa pentingnya koneksi bagi keluarga yang terpisah jarak. Saya dan tim telah bersiaga sejak sebelum Ramadan, memeriksa setiap site untuk memastikan semuanya berjalan lancar. Meski kami belum bisa berkumpul saat Lebaran, ada kebanggaan tersendiri dalam menjadi bagian dari penghubung kebahagiaan banyak orang.” ucapnya.

Untuk mengantisipasi lonjakan trafik, Indosat telah menambah 9.600 kapasitas sites baru serta mengoperasikan penambahan 1.500 BTS baru dan 53 Mobile BTS di berbagai titik strategis.

Infrastruktur jaringan Indosat kini didukung oleh INFINITE (Intelligent Network for Innovative and Transformational Experience) by Indosat, sebuah integrasi sistem jaringan operasi yang diperkuat teknologi berbasis kecerdasan artifisial (AI) dan cognitive learning.

“Indosat tidak hanya membangun jaringan, tetapi juga kepercayaan terhadap pelanggan. Kami akan terus menghadirkan layanan yang mendukung gaya hidup digital pelanggan dengan kualitas terbaik, dan memastikan mereka selalu terhubung, terutama di momen kebersamaan yang penting seperti Idulfitri,” pungkas Desmond mengakhiri. (Sgh)

Pos terkait