KKNT Mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi

  • Whatsapp
Kelompok KKNT telah berhasil melaksanakan program penyuluhan dari bulan Maret – Juni 2023 yang bertujuan untuk menanggulangi masalah stunting di desa Naman Jahe Kabupaten Langkat. (Istimewa)

INDIESPOT.ID, Kabupaten Langkat – Para mahasiswa Universitas Pembangunan Panca Budi dari Kelompok KKNT telah berhasil melaksanakan program penyuluhan dari bulan Maret – Juni 2023 yang bertujuan untuk menanggulangi masalah stunting di desa Naman Jahe Kabupaten Langkat. Stunting adalah masalah gizi buruk yang berdampak pada pertumbuhan fisik dan perkembangan anak. Program ini dilaksanakan sebagai bagian dari upaya mahasiswa untuk memberikan kontribusi positif bagi masyarakat dan menjawab tantangan kesehatan yang kritis di wilayah tersebut.

Dalam program penyuluhan tersebut, para mahasiswa KKNT Universitas Pembangunan Panca Budi di dampingi dengan 3 dosen pembimbing yaitu Muhammad Yalzamul Insan, BIFB (Hons)., M.Si, Ahmad Aswan Waruwu, S.E., M.SM, dan Najla Lubis, S.T., M.Si berkolaborasi dengan tenaga medis dan pihak terkait lainnya untuk memberikan edukasi tentang pentingnya gizi seimbang, pola makan yang tepat, serta perawatan anak sejak awal kehamilan hingga usia dini. Para mahasiswa juga melakukan pendampingan dan konsultasi dengan ibu-ibu hamil dan ibu-ibu balita, membantu mereka untuk memahami pentingnya asupan gizi yang adekuat bagi perkembangan anak mereka.

Bacaan Lainnya

Hasil dari program penyuluhan ini menunjukkan dampak positif yang signifikan. Tingkat pengetahuan masyarakat tentang stunting meningkat secara signifikan, dan kesadaran akan pentingnya peran gizi dalam perkembangan anak semakin meningkat. Selain itu, program ini juga berhasil meningkatkan tingkat kunjungan ibu-ibu hamil dan balita ke fasilitas kesehatan untuk mendapatkan layanan antenatal dan pemeriksaan kesehatan rutin. Disela- sela pelaksanaan program KKNT, ketiga dosen pembimbing Muhammad Yalzamul Insan, BIFB (Hons)., M.Si, Ahmad Aswan Waruwu, S.E., M.SM, dan Najla Lubis, S.T., M.Si juga melaksanakan pengabdian kepada Masyarakat terkait bidang ilmu yang dimiliki masing – masing yang telah mendapatkan antusias dari warga desa Naman Jahe.

Kelompok KKNT telah berhasil melaksanakan program penyuluhan dari bulan Maret – Juni 2023 yang bertujuan untuk menanggulangi masalah stunting di desa Naman Jahe Kabupaten Langkat. (Istimewa)

Selain memberikan penyuluhan kepada masyarakat, mahasiswa KKNT juga berperan aktif dalam membantu mengidentifikasi anak-anak yang berisiko mengalami stunting dan memberikan dukungan khusus. Mereka bekerja sama dengan tenaga medis untuk melakukan pemantauan pertumbuhan anak secara berkala, memberikan makanan tambahan yang kaya gizi, dan memberikan edukasi kepada orang tua tentang pentingnya perawatan dan stimulasi bagi perkembangan anak.

Kepala Desa Naman Jahe, Bapak Nobdi Nanda Ginting Suka mengucapkan terima kasih atas upaya mahasiswa dari Universitas Pembangunan Panca Budi atas program KKNT dalam membantu mengidentifikasi anak-anak yang berisiko mengalami stunting dan memberikan makanan tambahan yang kaya gizi. Hal ini telah membantu mengurangi angka stunting di desa Naman Jahe dan meningkatkan kualitas hidup anak-anak Naman Jahe secara keseluruhan. Beliau berharap akan ada program lanjutan dari KKNT yang dapat bermanfaat bagi masyarakat setempat

Program penyuluhan KKNT Mahasiswa ini telah menjadi contoh sukses kolaborasi antara mahasiswa, masyarakat, dan tenaga medis dalam mengatasi masalah stunting. Keberhasilan program ini menunjukkan bahwa upaya bersama untuk meningkatkan kesadaran tentang masalah kesehatan dan memberikan edukasi yang tepat kepada masyarakat dapat memiliki dampak positif dalam menanggulangi masalah gizi buruk pada anak-anak. Diharapkan, program ini akan menjadi model bagi kegiatan serupa di berbagai wilayah untuk mengurangi angka stunting dan meningkatkan kualitas kehidupan anak-anak di Indonesia. (Dim)

Pos terkait