Paviliun Indonesia Resmikan Tiga Kesepakatan Dagang di Hari Pertama World Specialty Coffee 2021 Tokyo

  • Whatsapp
Kopi Spesial Indonesia kembali hadir dalam World Specialty Coffee Conference and Exhibition 2021 (SCAJ Expo) 2021 di Tokyo Big Sight Jepang (Dok. Kemlu)

INDIESPOT.ID, Jepang – ​Kopi Spesial Indonesia kembali hadir dalam World Specialty Coffee Conference and Exhibition 2021 (SCAJ Expo) 2021 di Tokyo Big Sight Jepang pada 17 November hingga 19 November 2021. Paviliun Indonesia di hari pertama SCAJ 2021 berhasil meraih dua kesepakatan dagang untuk impor specialty coffee dari Indonesia dengan nilai lebih dari US$150,000 dan satu kesepakatan antara eksportir Indonesia dengan importir dan distributor Jepang untuk mengedepankan tanggung jawab sosial para pelaku usaha demi keberlanjutan perkebunan kopi Indonesia (sustainability and traceability) serta kesejahteraan petani Indonesia.

Duta Besar Republik Indonesia untuk Jepang merangkap Negara Federasi Mikronesia, Heri Akhmadi saat meresmikan Paviliun Indonesia di Pameran SCAJ Expo 2021 ini menjelaskan, Paviliun Indonesia bertema wilayah penghasil kopi yaitu Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan Sulawesi. “Hal ini dimaksudkan untuk memberikan edukasi publik dan mempromosikan wilayah-wilayah tersebut yang merupakan daerah asal penghasil kopi di Indonesia. Konsep ini juga untuk mendorong citra kopi Indonesia sebagai Home of World’s Finest Coffee sekaligus mempopulerkan tagline Coffee is Indonesia,” ujar Dubes Heri.

 

Kopi Spesial Indonesia kembali hadir dalam World Specialty Coffee Conference and Exhibition 2021 (SCAJ Expo) 2021 di Tokyo Big Sight Jepang (Dok. Kemlu)

Terdapat antusiasme yang luar biasa dari para pengunjung Paviliun Indonesia. “Specialty Coffee dari Indonesia mempunyai cita rasa tinggi dan sangat beragam dari Sumatera hingga Papua. Saya dan konsumen di Jepang sangat menyukainya. Kami ingin lebih banyak lagi mengimpor kopi-kopi spesial dari Indonesia,” kata Kumiko Taneichi, seorang importir kopi di Jepang.

Dalam Pameran SCAJ 2021 ini, Paviliun Indonesia mengangkat tema Coffee is Indonesia –   Home of World’s Finest Coffee menghadirkan kopi-kopi asal tunggal unggulan berdasarkan wilayah atau geografisnya yaitu Sumatera, Jawa, Bali, Nusa Tenggara, dan Sulawesi.  Paviliun Indonesia dalam Pameran SCAJ Expo 2021 ini merupakan kerja sama antara KBRI Tokyo, Kementerian Perdagangan, Kementerian Pertanian dan Bank Indonesia.

Kinerja Ekspor Kopi Indonesia ke Jepang pada periode Januari sampai dengan September 2021 tercatat sebesar USD 48,6 juta atau meningkat 9,62 persen dibanding periode yang sama tahun sebelumnya.

Paviliun Indonesia diikuti oleh 16 varietas kopi spesial asal Indonesia di antaranya Solok Radjo, Mandheling, dan Ijen Raung. Diharapkan melalui kegiatan promosi ini dapat mengangkat citra Indonesia atas produk kopi Indonesia yang berkualitas dan bercita rasa tinggi. (Dim/Rel)