Jusuf Kalla Respon Menang : Kemenag Untuk Semua Agama, Bukan Hanya Untuk NU

  • Whatsapp
Foto : Jusuf Kalla saat menjawab pertanyaan wartawan di Rumah Dinas Gubernur Edy Rahmayadi (istimewa)

INDIESPOT.ID, Medab – Mantan Wakil Presiden RI, Muhammad Jusuf Kalla (JK) merespon pernyataan Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) yang menyebut Kemenag merupakan hadiah untuk Nahdlatul Ulama (NU).

Menurut Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) itu, jabatan Kemenag bukan hadiah untuk NU. Melainkan untuk semua agama di Indonesia.

Bacaan Lainnya

“Itu bukan hadiah, (Kemenag) Itu merupakan keharusan karena negeri ini berdasarkan Ketuhanan Yang Maha Esa, hingga tentunya semua agama sangat penting untuk diayomi,” ujar JK kepada wartawan, Senin (25/10/2021) di Medan.

Karena itu kata JK, Kemenag harus mengayomi seluruh agam. Bukan sekedar organisasi keagamaan saja.

“Bukan hanya untuk NU, tapi untuk semua agama dan semua organisasi keagamaan itu diayomi pemerintah lewat kementrian agama,” ujar Ketua Palang Merah Indonesia (PMI) tersebut.

Sebelumnya, Menag Gus Yaqut mengungkapkan sempat ada perdebatan dalam sejarah asal usul berdirinya Kemenag. Ia mengungkapkan ada sejumlah orang yang tidak setuju Kemenag hadir untuk melindungi semua umat beragama. Melainkan menjadi Kementerian Agama Islam karena merupakan hadiah negara untuk umat Islam.

“Saya bantah bukan, Kemenag itu hadiah negara untuk NU bukan untuk umat Islam secara umum tapi spesifik untuk NU. Jadi wajar kalau NU itu memanfaatkan peluang yang ada di Kemenag,” jelas Gus Yaqut dalam webinar RMI PBNU dalam peringatan Hari Santri 2021, Rabu (20/10) (SAT)