Instagram Uji Coba Fitur Opsi Sembunyikan Jumlah “Like”

  • Whatsapp
Instagram Uji Coba Fitur Opsi Sembunyikan Jumlah "Like"
Ilustrasi Instagram (Indiespot.id/Unsplash)

Indiespot.id-Medan. Instagram dikabarkan akan melakukan uji coba pada fitur opsi jumlah like di konten penggunanya. Dengan adanya opsi ini pengguna bebas menentukan pilihan, apakah mau menampilkan jumlah like atau sebaliknya.

Dilansir dari The Verge, ada tiga opsi yang diberikan Instagram untuk fitur tersebut. Adapun ketiga opsi itu adalah menyembunyikan jumlah like semua unggahan pengguna di Instagram, menyembunyikan jumlah like untuk unggahan pengguna itu sendiri, atau menampilkan jumlah like seperti biasa.

Bacaan Lainnya

Menurut Facebook Inc, uji coba ini dilakukan setelah melihat respons pengguna yang beragam ketika mereka menghapus jumlah, yang selama ini menjadi tolak ukur popularitas sebuah konten.

“Beberapa orang bilang ini menguntungkan, namun, yang lainnya masih ingin melihat jumlah ‘like: agar mereka bisa melacak mana yang populer,” kata Juru Bicara Facebook Inc dikutip dari Reuters

Seperti yang diketahui, beberapa tahun lalu aplikasi berbagi foto dan video ini juga pernah menguji coba penghapusan jumlah like di sejumlah negara dengan alasan agar pengguna fokus pada foto dan video yang diunggah bukan jumlah like yang didapatkan.

Namun, penerapan menghilangkan jumlah like dianggap merugikan para influencer yang bekerja sama dengan brand melalui Instagram. Atas dasar itu, Instagram memberikan tiga opsi yang dapat dipilih sendiri oleh penggunanya.

Lebih lanjut, dikabarkan fitur serupa juga akan diterapkan di Facebook. Tapi belum diketahui secara detil fitur apa yang dihadirkan. (EA)

Pos terkait