USU Rencanakan Pembukaan Kuliah Tatap Muka di Semester Depan

  • Whatsapp
USU Rencanakan Pembukaan Kuliah Tatap Muka di Semester Depan
Rektor USU Dr Muryanto Amin dalam acara Coffee Morning dengan Jurnalis Media Mitra. (Indiespot.id/Suara USU)

Rektor Universitas Sumatera Utara (USU) Dr Muryanto Amin merencanakan pembukaan kembali kuliah tatap muka bagi mahasiswa secara terbatas. Perkuliahan secara terbatas ini rencananya akan dimulai pada semester depan, September 2021.

“Perkuliahan akan menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat,” tutur Muryanto dalam acara Coffee Morning dengan Jurnalis Media Mitra di USU, Selasa (2/3).

Bacaan Lainnya

Sistem perkuliahan tatap muka ini nantinya dilakukan secara bergiliran bagi mahasiswa pada setiap pekan di USU. Selain itu, juga akan diterapkan beberapa kebijakan, seperti kapasitas kelas tidak boleh lebih dari 50 persen atau maksimal satu ruangan untuk 20 mahasiswa.

Meski begitu, USU masih akan melihat situasi dan kondisi penyebaran Covid-19 sebagai persyaratan untuk dibukanya metode kuliah tatap muka tersebut. “USU tentunya lebih mengutamakan aspek keselamatan mahasiswa sebelum mengambil keputusan dibukanya perkuliahan tatap muka,” tegasnya.

Mencegah USU menjadi klaster baru penyebaran Covid-19, Muryanto mengatakan sebanyak 1.600 dosen dan tenaga pendidikan di USU akan divaksinasi sebelum dibukanya kembali perkuliahan tatap muka ini.

“USU menargetkan 2.000 dosen harus tuntas divaksinasi, membentuk petugas COVID-19, dan mempersiapkan fasilitas protokol kesehatan,” katanya. (EA)