Terima 96 Ribu Dosis Vaksin, Pemko Medan Mulai Vaksinasi Tahap II Hari Ini

  • Whatsapp
Wali Kota Medan Minta Pelayanan ASN Tetap Maksimal Selama Ramadan
Wali Kota Medan Bobby Nasution (Indiespot.id/Humas Pemko Medan)

Indiespot.id-Medan. Pemerintah Kota Medan telah menerima 96.000 dosis vaksin tahap II yang diperuntukkan untuk para petugas layanan publik dan lansia. Proses vaksinasi sendiri akan dilaksanakan di Balai Kota hari ini, Kamis (4/3).

“Vaksin (vaksinasi di Balai Kota) ini kita berikan ke ASN (Aparatur Sipil Negara) maupun non-ASN, dan wartawan yang bertugas di kantor wali kota maupun DPRD Kota Medan pada Kami (4/3),” terang Sekda Kota Medan, Wiriya Alrahman di Medan, Sumut, Rabu (3/3).

Bacaan Lainnya

Sementara itu, untuk vaksinasi TNI/Polri , jika bersedia akan diserahkan langsung ke dua instansi tersebut oleh Dinas Kesehatan Kota Medan. Sehingga proses vaksinasi dapat memanfaatkan fasilitas dan tenaga kesehatan di sana.

“Untuk pedagang pasar, vaksinasi COVID-19 akan dilakukan di Pasar Petisah dan Pusat Pasar Medan Mall. Mengingat kedua pasar ini merupakan pasar regional, maka dipelaksanaannya tidak terjadi kerumunan sesuai arahan Wali Kota Medan,” jelas Wiriya.

Terkait vaksinasi tahap II, Wali Kota Medan Bobby Nasution meminta masyarakat baik secara perorangan maupun kolektif melakukan pendataan dengan mengisi formulir yang disediakan Dinas Kesehatan Sumut.

Bobby mengungkap, jumlah vaksin yang dimiliki Kota Medan saat ini tidak cukup untuk seluruh warga. Meski demikian, dosis vaksin yang diterima tersebut akan segera direalisasikan.

“Makanya, dosis yang ada ini harus segera direalisasikan. Kalau masih kurang, nanti kita minta Kemenkes agar mengirim kembali vaksin Covid-19 untuk Kota Medan. Secepat mungkin kita lakukan vaksinasi massal,” tegas Bobby.

Khusus lansia, lanjut Bobby, sudah bisa mendapatkan pelayanan vaksinasi di 96 puskesmas dan fasilitas kesehatan (Faskes) yang telah terdaftar di Kementerian Kesehatan. Peserta cukup membawa KTP, karena pelayanan vaksinasi lansia hanya diperuntukkan untuk warga Medan.

“Kita harus beri informasi, sosialisasi dan edukasi kepada masyarakat terkait vaksinasi Covid-19, agar mereka lebih yakin untuk divaksin. Program ini merupakan bentuk perlawanan terhadap Covid-19 setelah protokol kesehatan,” kata Bobby. (EA)