Sebar Hoax, Twitter Siap Blokir Permanen Akun Pengguna

  • Whatsapp
Sebar Hoax, Twitter Siap Blokir Permanen Akun Pengguna
Ilustrasi Twitter (Indiespot.id/Unsplash)

Indiespot.id-Medan. Membantu dunia lekas pulih dari pandemi Covid-19, Twitter akan menyikapi secara serius cuitan yang dinilai mengandung misinformasi terkait vaksin corona. Twitter siap menandai hingga memblokir permanen akun penyebear hoax tersebut.

“Mulai hari ini, kami akan menerapkan label ke tweet yang mungkin berisi informasi menyesatkan tentang vaksin Covid-19,” tulis Twitter dalam blog resminya, Selasa (2/3).

Bacaan Lainnya

Label yang disematkan di postingan twitter mirip dengan tanda misinformasi sebelumnya pada Pemilihan Presiden Amerika Serikat beberapa waktu lalu. Namun, kali ini akan lebih detil dengan disertakan tautan informasi yang relevan dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit.

“Sejak memperkenalkan panduan Covid-19, kami telah menghapus lebih dari 8.400 tweet dan memperingatkan 11,5 juta akun di seluruh dunia,” sebut Twitter.

Saat ini, Pemberlakukan label peringatan hanya berlaku untuk cuitan yang menggunakan bahasa Inggris. Penerapan kebijakan ini pun akan segera diterapkan ke cuitan dengan bahasa lainnya.

Dalam kebijakan ini, pihaknya berhak menghapus cuitan yang dianggap sebagai teguran kedua. Teguran tersebut meningkat jika kerap dilakukan pengguna, dan dapat memicu tindakan lain dari Twitter.

Adapun bentuk teguran lainnya yang diberikan Twitter kepada pengguna yang mengunggah cuitan menyesatkan adalah sebagai berikut:

  • Peringatan pertama: tidak ada tindakan
  • Peringatan kedua: akun dikunci 12 jam
  • Peringatan ketiga: akun dikunci 12 jam
  • Peringatan keempat: akun dikunci 7 hari
  • Peringatan kelima atau lebih: akun diblokir permanen. (EA)