BMKG Sebut Sejumlah Wilayah di Sumut Berpotensi Hujan Dampak Sirkulasi Eddy

  • Whatsapp
BBMKG: Kondisi Cuaca di Sumut Relatif Normal Selama Ramadan
(Indiespot.id/Pixabay)

Indiespot.id-Medan. Sejumlah wilayah di Sumut berpotensi mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat melanda akibat dampak Sirkulasi Eddy. Hal tersebut disampaikan Balai Besar Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BBMKG) Wilayah I-Medan.

“Pada hari ini, ada gangguan cuaca Sirkulasi Eddy di Samudera Hindia bagian Barat atau dekat pesisir Sumatera,” ucap staf pelayanan jasa BBMKG Wilayah I-Medan, Martha Manurung di Medan, Senin, (2/3).

Bacaan Lainnya

Adapun wilayah yang diwaspadai dapa terjadi banjir dan longsor adalah Karo, Dairi, Tapanuli Utara, Tapanuli Tengah, Humbang Hasundutan, Pakpak Bharat, Langkat, Simalungun, Siantar, Asahan, Samosir, dan Toba.

Martha menyebutkan, pihaknya memantau bahwa Sirkulasi Eddy merupakan pusaran angin tertutup di wilayah perairan Samudera Hindia meluas hingga ke pulau terbesar ketiga di Indonesia, khususnya Provinsi Sumut.

Lebih lanjut, Fenomena cuaca ini berdampak pada peningkatan awan-awan konvektif di lapisan atmosfer, sehingga mengakibatkan hujan disertai kilat dan angin kencang baik pada sore dan malam hari.

“Dampak Sirkulasi Eddy ini, diperkirakan masih terjadi beberapa hari ke depan di Sumut. Dengan pergerakan angin dari Utara ke Tenggara memiliki kecepatan 5 hingga 20 kilometer per jam,” tutur Martha. (EA)