Sah! Jokowi Resmikan Bank Syariah Indonesia Hari Ini

  • Whatsapp
Sah! Jokowi Resmikan Bank Syariah Indonesia Hari Ini
Presiden Jokowi Dipeluncuran Gerakan Nasional Wakaf Uang (Indiespot.id/Biro Pers Setneg)

Indiespot.id-Jakarta. Presiden Jokowi resmi meluncurkan Bank Syariah Indonesia (BSI) di Kompleks Istana Kepresidenan, Senin (1/2). BSI merupakan merger dari ketiga Bank BUMN, yakni Bank Mandiri Syariah, BNI Syariah, dan BRI Syariah.

“Dengan mengucap Bismillahirrahmanirrahim PT Bank Syariah Indonesia Tbk saya nyatakan diluncurkan berdirinya,” ujar Jokowi di Istana Negara Jakarta, Senin (1/2).

Bacaan Lainnya

Tujuan penggabungan tiga bank tersebut adalah untuk meningkatkan kompetensi bank syariah di Indonesia. Dari penggabungan tersebut akan menciptakan bank syariah terbesar di Indonesia yang berdaya saing global dan memiliki potensi menjadi 10 bank syariah teratas secara global berdasarkan kapitalisasi pasar.

Bank Syariah Indonesia ini memiliki logo dengan tanda bintang di sudut akronim BSI. Gambar bintang, kata Ketua PMO PT Bank Syariah Indonesia Tbk, Hery Gunardi, bermakna BSI dijalankan dengan landasan pancasila dan 5 rukun islam.

“Logonya memilih bintang sudut 5 yang menggambarkan lima sila pancasila dan 5 rukun islam,” kata Hery.

Hery pun menyampaikan per Desember 2020 lalu, BSI telah memiliki aset sebesar Rp 239,56 triliun. Di mana total pembiayaan yang disalurkan mencapai Rp 156,51 triliun, Dana Pihak Ketiga (DPK) sebesar Rp 209,98 triliun, dan modal inti sebar Rp 22,6 triliun.

Dalam peresmian BSI, Jokowi menyatakan, pemerintah menaruh harapan besar atas lahirnya BSI. Pemerintah berharap BSI dapat memberikan kontribusi besar dalam perkembangan ekonomi syariah serta dapat mensejahterakan umat dan masyarakat Indonesia.

“Sebagai barometer perbankan syariah Indonesia serta insya Allah nanti regional dan dunia, saya harap BSI harus jeli dan gesit menangkap peluang, harus mampu menciptakan tren baru dalam perbankan syariah, bukan hanya mengikuti yang sudah ada,” jelas Jokowi. (EA)