Gubsu Edy Sambut Baik Kehadiran Lab Tes Covid Bergerak yang Dimiliki Sumut

  • Whatsapp

Indiespot.id-Medan, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi menyambut baik serta mengapresiasi mehadiran Mobile Laboratory Biosafety Level-2 (Mobile Lab BSL-2) akan mempercepat penanganan pandemi Covid-19 di Sumatera Utara (Sumut).

Terobosan yang diprakarsai Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) itu merupakan upaya testing, tracing, treatment (3T) dalam  penanganan Covid-19, sehingga sistem kerja dapat dilakukan dengan lebih cepat lagi.

Bacaan Lainnya

“Kami mengucapkan terima kasih atas dukungan dan bantuan yang telah dilakukan BPPT. Saya rasa ini sangat membantu sekali,” ucap Edy Rahmayadi, saat menerima audiensi rombongan BPPT di Rumah Dinas Gubernur Sumut, Jalan Jenderal Sudirman Nomor 41 Medan, Jumat (8/1).

Mantan Pangkostrad itu menambahkan, walaupun vaksin Covid-19 sudah sampai di Sumut, namun belum dapat diambil kesimpulan 100% dapat menghentikan pandemi ini.

“Vaksin belum ada kepastian memberikan keamanan 100% virus ini akan berakhir. Saat ini saya yakin benar, bila masyarakat tetap mematuhi protokol kesehatan yakni dengan tetap memakai masker, pandemi ini dapat kita redam,” ujar Gubernur.

Kepala BPPT Hammam Riza mengatakan, salah satu kunci penanganan pandemi Covid-19 di Indonesia adalah terus melakukan testing, tracing, treatment, untuk memetakan pola dan sumber penyebaran, guna menekan penyebaran Covid-19.

“Saat ini, baru ada satu unit Mobile Lab BSL-2 yang beroperasi di Sumut, yakni di Rumah Sakit (RS) Tingkat II Putri Hijau, Medan, harapanya ada penambahan lagi kedepan,” katanya. (E4)