Kala Gubsu Edy Rahmayadi Jamu Sultan Deli ke-14 di Rumah Dinas Hingga Hadiahi Buku

  • Whatsapp
Gubsu Edy Rahmayadi bersama Seripaduka Baginda Tuanku Sultan Mahmud Aria Lamantjiji Perkasa Alam Shah di Rumah Dinas Gubernur Sumut Jalan Sudirman, Medan, Selasa (29/12). (indiespot.id/Humas Sumut)

Indiespot.id-Medan, Komitmen Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) guna terus menjaga dan melestarikan sejarah serta kebudayaan yang ada di Sumut menjadi perhatian bersama semua pihak. Termasuk diantaranya adalah warisan kebudayaan Kesultanan Deli.

Hal ini disampaikan Gubernur Sumut Edy Rahmayadi saat menerima kunjungan Sultan Deli ke-14 Seripaduka Baginda Tuanku Sultan Mahmud Aria Lamantjiji Perkasa Alam Shah di Rumah Dinas Gubernur Sumut Jalan Sudirman, Medan, Selasa (29/12). Kunjungan ini merupakan silaturahmi Tuanku Aji yang sudah sebulan di Kota Medan.

Bacaan Lainnya

Dalam pertemuan itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi bersama Sultan Deli ke-14 diskusi tentang sosial dan budaya Melayu di Sumut. Edy Rahmayadi siap membantu mengembalikan dan melestarikan Kebudayaan Kesultanan Deli bila ada titah dari Tuanku Aji.

“Saya (Pemprov Sumut) siap membantu untuk terus menjaga dan mengembalikan serta melestarikan kebudayaan Melayu Deli ini, bila Tuanku Aji ada mengeluarkan titah, agar seluruh warisan budaya untuk diambil dan dikembalikan lagi ke Kesultanan,” ucap Edy Rahmayadi didampingi Asisten Administrasi Umum dan Aset Pemprov Sumut M Fitrius.

Titah ini, menurut Edy Rahmayadi hanya upaya untuk tidak terjadi kesalah fahaman pada masyarakat bahwa ada kepentingan nantinya dalam upaya pengembalian seluruh peninggalan sejarah dan sebagainya di Kesultanan Deli.

Edy Rahmayadi meminta pada Tuanku Aji terlebih dahulu untuk mengumpulkan seluruh Sultan yang ada di Sumut untuk membicarakan hal ini, agar ditemukan kata mufakat.

“Pastikan saya saat ini sebagai Gubernur tidak ada kepentingan politik dalam menjaga kelestarian budaya ini. Saat ini saya berbicara sosial dan budaya. Saya tidak mau dengan ucapan yang sekarang ini ‘Melayu Tinggal Nama’. Makanya kita lestarikan budaya Melayu, agar Sumut memiliki warna,” katanya.

Sementara itu Sultan Deli ke-14 Tuanku Aji dalam pertemuan itu mengatakan sangat berharap Pemprov Sumut dapat membantu untuk mengembalikan peninggalan sejarah serta menjaga kelestarian kebudayaan Melayu Deli.

“Saya berterimakasih bila Bapak Gubernur dapat membantu kita untuk mengembalikan peninggalan sejarah yang ada dulunya, serta membantu melestarikan budaya Melayu Deli saat ini,” katanya.

Menurut Tuanku Aji, nantinya usai ia menyelesaikan pendidikan, ia akan kembali ke Kota Medan dan berupaya akan mengabdi dan membantu pembangunan di Sumut. Usai berdiskusi, Edy Rahmayadi pun menjamu Sultan Deli ke-14 makan bersama dan diakhiri dengan bertukar cendramata. Tuanku Aji memberi sebuah buku berjudul Cahaya Dari Nusantara Habib Luthfi Bin Yahya. (E4)