Dave Prowse, Pemeran Darth Vader Meninggal Dunia

  • Whatsapp
Dave Prowse, pemeran Darth Vader tutup usia (Indiespot.id/Jedinews)

Indiespot.id-Medan. Aktor Dave Prowse, pemeran Darth Vader dalam trilogi pertama Star Wars meninggal dunia di usia 85 tahun. Kabar duka itu dikonfirmasi oleh agennya, Thomas Bowington.

“Dengan sangat menyesal dan hati yang penuh duka untuk kita semua dan jutaan penggemar di seluruh dunia, kami mengumumkan, klien kami, Dave Prowse MBE meninggal dunia di usia 85 tahun,” ujar Bowington dikutip dari The Guardian, Senin (30/11/2020).

Bacaan Lainnya

Mengutip Variety, Prowse meninggal karena penyakit yang telah dideritanya sejak lama. Pada tahun 2018, diketahui ia sempat mendapat pengobatan untuk kanker prostat.

Produser Star Wars, Jason Joiner, juga merasa sangat kehilangan sosok Dave Prowse. Di Facebook, ia mengenang sosok Prowse yang selalu baik pada penggemar.

Darth Vader (Indiespot.id/Starwars.com)

 

“Dave selalu berdedikasi untuk bertemu penggemar selama beberapa dekade dan banyak penggemar yang telah bertemu Dave di masa-masa awal Comic Cons dan acara kolator. Dave lebih besar dari kehidupan dan dia akan sangat dirindukan. Cinta dan pikiran kami tertuju pada keluarganya,” tulis Joiner.

Sebelum berperan sebagai Darth Vader, Dave Prowse dikenal sebagai atlet. Prowse a pernah memenangkan kejuaraan angkat besi Inggris dan mewakili Inggris dalam kategori angkat besi di Commonwealth Games di Brisbane, Australia pada 1962.

Selain itu, Dave Prowse adalah mantan binaragawan profesional yang kerap memerankan tokoh monster dan penjahat dalam film. Sampai di tahun 1975, ia diundang untuk melakukan audisi untuk peran Darth Vader dan Chewbacca.

Ketika memilih Darth Vader, Dave Prowse memiliki alasan tersendiri. “Semua orang akan selalu ingat tokoh penjahatnya,” ucapnya. (EA)