5 Manfaat Minyak Bunga Matahari untuk Kulit Wajah, Lawan Jerawat hingga Cegah Penuaan Dini

  • Whatsapp
Minyak bunga matahari (Indiespot.id/Pixabay)

Indiespot.id-Medan. Kulit wajah yang sehat merupakan impian setiap orang terlebih para perempuan. Banyak cara yang dipilih untuk merawat kulit, salah satunya menggunakan bahan alami seperti minyak bunga matahari.

Minyak bunga matahari merupakan sumber vitamin E, kaya akan nutrisi dan antioksidan dan efektif untuk memerangi masalah perawatan kulit seperti jerawat, peradangan, kemerahan dan iritasi kulit.

Bacaan Lainnya

Merangkum Boldsky, berikut beragam manfaat minyak bunga matahari untuk perawatan kulit.

Manfaat minyak bunga matahari untuk kesehatan kulit wajah (Indiespot.id/Pixabay

1. Melembabkan Kulit

Studi menunjukkan minyak bunga matahari meningkatkan hidrasi kulit. Selain asam linoeat, terdapat pula kandungan vitamin E yang mudah meresap ke dalam kulit dan membantu melembapkan.

Menggunakan minyak bunga matahari secara teratur dapat membantu menghilangkan sel-sel mati dan kotoran dan akan membuat menjadi halus dan lembab. Tak heran jika minyak bunga matahari sering digunakan dalam formulasi kosmetik karena kemampuannya menjaga kulit tetap lembap.

2. Melindungi Kulit dari Paparan Sinar Matahari

Vitamin A dan C yang terkandung dalam minyak bunga matahari diketahui mampu melindungi kulit dari kerusakan akibat dampak buruk paparan sinar matahari. Kandungan asam lemak dan asam linoleat juga bermanfaat mengurangi hiperpigmentasi.

3. Membantu Melawan Jerawat

Bukan hanya untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari, kandungan vitamin A, C, dan D yang terdapat di minyak bunga matahari efektif dalam pengobatan jerawat. Minyak bunga matahari juga bersifat anti-inflamasi dan antibakteri.

Minyak bunga matahari mengandung vitamin dan asam lemak yang bertindak sebagai antioksidan untuk meregenerasi sel-sel kulit baru dan membantu kulitmu bersih dari bakteri penyebab jerawat.

4. Mencegah Penuaan Kulit

Tingginya kandungan vitamin E pada minyak bunga matahari membantu meningkatkan produksi kolagen yang membuat kulit tampak lebih halus dan awet muda. Selain itu sifat antioksidan dari minyak bunga matahari juga membantu mencegah tanda-tanda penuaan kulit, seperti garis-garis halus, kerutan, dan kulit kendur.

5. Menyembuhkan Luka Kulit

Minyak biji bunga matahari memiliki anti-inflamasi yang membantu menurunkan kemerahan dan kekasaran kulit. Minyak biji bunga matahari kaya akan asam lemak omega-6 (linoleat) dan vitamin E. asam omega-6 membantu mengurangi peradangan pada kulit dan meningkatkan perkembangan sel-sel kulit baru. (EA)