Jokowi Minta Penanganan Covid-19 di 12 Daerah Ini Diprioritaskan

  • Whatsapp
Presiden Joko Widodo (Indiespot.id/Instagram: @jokowi)

Indiespot.id-Jakarta. Presiden Jokowi memerintahkan Komite dan Satgas Covid-19 beserta menteri terkait untuk fokus menangani corona di 12 kabupaten/kota. Jokowi memprioritas penanganan di 12 kabupaten/kota tersebut karena kasus aktif Covid-19 mencapai 1.000 kasus.

“Saya minta 2 minggu ke depan diprioritaskan 12 kabupaten/kota yang memiliki kasus aktif lebih dari 1.000, yang menyumbang 30 persen kasus aktif nasional,” kata Jokowi saat membuka rapat terbatas mengenai perkembangan penanganan corona secara virtual, Senin (12/10).

Bacaan Lainnya

Adapun 12  kabupaten/kota yang dimaksud Jokowi antara lain, Kota Ambon, Jakarta Utara, Bogor, Kota Depok, Kabupaten Bekasi, Kota Jayapura, Kota Padang. Kemudian, Jakarta Pusat, Jakarta Barat, Pekanbaru, Jakarta Selatan, dan Jakarta Timur.

Lebih lanjut, Jokowi juga meminta jajarannya untuk tetap memprioritaskan penanganan corona di 8 provinsi dengan kasus aktif terbanyak. Jokowi berharap prosedur testingtracing, dan treatment untuk pasien Covid-19 terus diperbaiki.

Kedelapan provinsi itu adalah DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Sumatera Utara, Kalimantan Selatan. Sulawesi Selatan, dan Bali.

Jokowi pun menjabarkan, rata-rata kasus aktif corona di Indonesia berada di angka 19,97 persen, di mana di bawah angka rata-rata dunia. Tingkat kesembuhan pun sudah mengalami perbaikan sebab sudah berhasil melampaui rata-rata dunia.

“Yang penting menekan terus kasus positif dengan terus menyampaikan kedisiplinan protokol kesehatan,” kata Jokowi.

Namun, angka kematian akibat Covid-19 di Indonesia juga masih berada di atas rata-rata dunia.

“Ini saya kira tugas besar kita di sini, bagaimana angka rata-rata kematian ini bisa ditekan,” tutup Jokowi. (EA)