3 Manfaat Menggunakan Dark Mode pada HP, Bisa Menghemat Baterai!

  • Whatsapp
(Indiespot.id/Pexels)

Indiespot.id-Medan. Dark Mode atau mode gelap pada layar ponsel kini digemari banyak masyarakat. Dark mode pertama kali diluncurkan oleh Twitter pada tahun 2016 lalu, sejak saat itu berbagai aplikasi hingga ponsel sendiri menambahkan fitur ini.

Selain berbeda dari segi warna tampilan, dark mode memiliki berbagai kelebihan terutama pada pencahayaan handphone.

Bacaan Lainnya

Lalu, apa saja? Berikut Indiespot rangkum dari Instagram resmi Kemenkominfo, @kemenkominfo, 3 manfaat menggunakan dark mode pada ponsel.

1. Mengurangi Paparan Cahaya Biru

Radiasi blue light atau cahaya biru pada ponsel bisa membuat mata kita menjadi lelah. Tak hanya itu, paparan cahaya biru juga dapat menyebabkan penyakit berbahaya, seperti kanker. Oleh karena itu, penggunaan dark mode dapat membantu meminimalisasi risiko penyakit tersebut.

2. Mengurangi Kelelahan Mata

Tampilan default dari ponsel, membuat mata akan lebih berakomodasi secara maksimal akibat cahayanya. Jika terlalu lama menatap ponsel, maka penglihatanmu akan cepat menjadi lelah dan mengganggu kesehatan mata.

Untuk menghindari hal tersebut, kamu dapat mengaktifkan fitur dark mode pada ponselmu dari sekarang.

3. Menghemat Baterai

Tahukah kamu? Ternyata mode terang atau default pada ponsel dapat menghabiskan baterai enam kali lebih cepat. Hal ini disebabkan banyaknya kontras cahaya layar yang dihasilkan.

Dengan menggunakan dark mode kamu dapat menghemat baterai ponselmu dan tentunya menghindari risiko-risiko yang ditimbulkan seperti yang telah disebutkan di poin-poin sebelumnya. (EA)