Kisah Febi, yang Divonis Bebas Usai Dilaporkan Karena Tagih Utang Lewat Instastory

  • Whatsapp
Ilustrasi. (indiespot.id/freepik)

Indiespot.id-Medan, Majelis Hakim Pengadilan Negeri Medan akhirnya memvonis bebas Febi Nur Amelia (29), wanita yang sempat viral, lantaran dirinya diduga mencemarkan nama baik FM, karena telah menagih utang melalui instastory di akun pribadinya.

Majelis hakim yang diketuai Sri Wahyuni dalam amar putusan mengatakan dakwaan terhadap Febi tidak terbukti secara sah.

“Membebaskan terdakwa karena itu, dari dakwaan penuntut umum tersebut. Tiga, memulihkan hak terdakwa dalam kedudukan, harkat dan martabatnya,” ujar Sri Wahyuni.

Mendengar putusan persidangan, Febi kemudian sempat pingsan. Dia kemudian dibaringkan di kursi dan sempat menangis terharu lantaran mendengar keputusan hakim.

Membela Haknya

Sementara itu dalam pertimbanganya, majelis hakim juga menyatakan FM terbukti meminjam Rp70 juta kepada Febi. Walau FM membantah, kata hakim ada dua bukti transfer dari pihak Febi kepada suami FM saat itu.

Atas dasar itu, majelis hakim berpandangan, Febi berusaha membela haknya agar uang yang dipinjam FM dapat segera dikembalilan.

Putusan hakim tersebut, berbanding terbalik dengan tuntutan jaksa. Dalam tuntutannya jaksa menuntut Febi dinyatakan bersalah dan dijatuhi hukuman 2 tahun penjara.

Febi diketahui didakwa melakukan perbuatan yang diatur dan diancam dengan Pasal 45 ayat (3) jo Pasal 27 ayat (3) UURI Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas UURI Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE).

“Bahwa terdakwa Febi Nur Amelia dengan sengaja dan tanpa hak mendistribusikan dan/atau mentransmisikan dan/atau membuat dapat diaksesnya informasi elektronik dan/atau dokumen elektronik yang memiliki muatan penghinaan dan/atau pencemaran nama baik,” ujar jaksa Randi Tambunan, saat itu (7/1/2020).

Kisah Febi Nur Amelia sempat viral menghiasi jagat media sosial. peristiwa itu terjadi pada Selasa (19/2/2019) pukul 21.00 WIB. Saat itu, Febi dengan akun Instagram @feby25052 mengunggah postingan yang berisi kalimat penagihan utang.

Setelah postingan itu, adik FM yang melihat unggahan instastory Febi, seketika melapor ke sang kakak. Postingan itu kemudian dianggap FM telah mencemarkan nama baiknya. FM lantas melaporkan peristiwa itu ke polisi hingga kasus tersebut bergulir ke pengadilan. Hingga akhirnya majelis hakim memvonis bebas Febi. (E4)