Gubsu Edy Rahmayadi, Umara Gemar Sowan Ulama

  • Whatsapp
Gubsu Edy Rahmayadi saat berbincang dengan Tuan Guru Besilam, Syekh DR Zikmal Fuad di Kabupaten Langkat. (indiespot.id/Veri)

Indiespot.id-Sumut, Sowan pemimpin kepada para ulama, merupakan sebuah tradisi yang berlangsung sejak lama. Tradisi tersebut juga lumrah dilakukan karena tidak bertentangan dengan alquran dan hadis.

Gubsu Edy Rahmayadi dalam kunjungannya ke Kabupaten Langkat, menemui Tuan Guru Besilam, Syekh Dr. Zikmal Fuad belum lama ini, mengatakan kegiatan kunjungan itu merupakan bentuk silaturahmi guna membawa kebaikan.

Bacaan Lainnya

“Suatu keberuntungan jika kita dekat dengan orang-orang saleh dan berilmu, selain menyambung silaturahmi duduk bersama dengan mereka juga menambah hikmah serta ilmu,” tulis Gubsu Edy dalam akun Instagramnya.

Tak hanya berkunjung ke Langkat, Gubsu Edy juga melanjutkan kunjungannya ke Pesantren Darut Tauhid dan Darut Tarbiyah di Desa Jambur Padang Matinggi, Kecamatan Panyabungan Utara, Mandailing Natal.

Gubsu Edy Rahmayadi dalam kunjungannya ke Pesantren Al Yusfiyah di Desa Holbung, Angkola Muaratais, Kabupaten Tapanuli Selatan. (indiespot.id/Veri)

Ketua Asosiasi Ilmu Alquran dan Tafsir se-Indonesia, Sahiron Syamsuddin dalam pandangannya mengatakan, silaturahmi kepada para ulama atau pemuka agama dipandang baik menurut Alquran dan hadis.

Sowan dilakukan guna mendapatkan masukan dari para ulama dalam menjalankan pemerintahannya. Sehingga kebijakan yang dibuat ke depan lebih bermaslahat dan bermanfaat kepada masyarakat luas,” ujar Sahiron, dikutip Republika.

Sahiron menambahkan, peran para ulama terhadap bangsanya memang diajarkan oleh Islam. Islam memerintahkan agar para ulama ikut membantu. (E4)