Terjemahkan Percakapan Secara Langsung Lewat Google Translate Transcribe

  • Whatsapp
(Indiespot.id/Pexels)

Indiespot.id-Medan, Google Translate terus mengembangkan aplikasinya dengan menghadirkan fitur-fitur baru, seperti Google Translate Transcribe. Fitur ini dapat mengubah percakapan langsung menjadi teks dan menerjemahkannya ke dalam bahasa asing.

Fitur yang diluncurkan pada Maret 2020 merupakan penyempurnaan dari fitur Google Assistant dimana fitur ini akan memudahkan pelaksanaan aktivitas yang menggunakan berbagai bahasa. Misalnya kuliah, seminar, atau dialog sehari-hari tanpa perlu merekam atau mengubahnya ke bentuk tertulis terlebih dahulu.

Bacaan Lainnya

“Kami menyadari dan menganggap celah tersebut sebagai bagian penting dalam proses berkomunikasi pada manusia. Maka dari itu kami menciptakan fitur ini,” tutur juru bicara Google dikutip dari Kompas.

Hingga saat ini, Google Translate Transcribe tersedia dalam delapan bahasa, yakni Inggris, Prancis, Jerman, Hindi, Portugis, Rusia, Spanyol, dan Thailand. Namun, fitur terbaru tersebut hanya tersedia di platform Android saja, menyusul kemudian untuk platform iOS.

Pengguna hanya perlu memperbarui aplikasi ke versi yang terbaru untuk menggunakan fitur Transcribe tersebut. Untuk mulai menerjemahkan kalimat, pengguna bisa menekan tombol “Trancribe” yang tersedia pada menu aplikasi.

Google translate Transcribe juga menyediakan opsi pause dan restart saat proses transkripsi dengan cara mengeklik ikon mic. Ukuran teks dan dark theme juga tersedia di menu pengaturan Google Translate tersebut. (EA)

 

Pos terkait