Kini Kamu Bisa Bersenandung Untuk Mencari Lagu di Google!

  • Whatsapp
Photo by Brett Jordan from Pexels
Google (Indiespot.id/Pexels)

Indiespot.id-Medan. Google baru-baru ini meluncurkan fitur pencarian baru, yang mana memungkinkan pengguna mencari lagu hanya dengan bersenandung. Fitur pencarian itu merupakan bagian dari aplikasi Google Search dan Google Assistant.

Fitur ini membantu pengguna yang sukar mengingat judul ataupun lirik lagu secara keseluruhan, namun ingat potongan lirik maupun nada lagu di kepala.

Bacaan Lainnya

“Di Search On, kami mengumumkan sekarang Google bisa membantu Anda mencari tahu, tidak perlu lirik, nama penyanyi atau nada yang sempurna,” kata Manajer Produk Senior Google Search, Krishna Kumar dalam blog resmi Google, dikutip Minggu (18/10).

Untuk menggunakan fitur ini, pengguna hanya perlu membuka aplikasi Google Search, lalu mengetuk ikon mikrofon di bar pencarian, dan ucapkan “what is this song” atau “Lagu apa ini?”.

Begitu pula jika mengakses lewat Google Assistant, seperti biasa pengguna terlebih dulu mengatakan “Hai Google” kemudian dilanjutkan dengan “Lagu apa ini?” lalu bersenandung, bersiul, atau bernyanyi selama 10 hingga 15 detik.

Dengan menggunakan algoritma machine learning, Google akan menampilkan beberapa kemungkinan lagu yang sesuai. Bukan hanya itu, Google juga menampilkan persentase kecocokan setiap lagu.

Sebelum menggunakan fitur ini, pastikan menggunakan Google Search dan Google Assistant versi terbaru. Fitur bersenandung ini tersedia dalam bahasa Inggris di iOS dan dalam lebih dari 20 bahasa di Android. (EA)