Pengamanan Dibagi 4 Ring, KTT ASEAN Berlangsung Aman

  • Whatsapp
Asops Kapolri selaku Karendalops Tribrata Jaya, Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca. (Dok. humas.polri.go.id)

INDIESPOT.ID, Jakarta – Asops Kapolri selaku Karendalops Tribrata Jaya, Irjen Pol Verdianto Iskandar Bitticaca, meninjau pengamanan KTT ASEAN ke-43 di Command Center 91, Polda Metro Jaya, pada hari Selasa (5/9).

Dalam tinjauan tersebut, Verdianto menyatakan bahwa situasi pengamanan berlangsung baik dan aman. Pihaknya masih terus memantau perkembangan situasi keamanan di Jakarta dan sekitarnya.

Bacaan Lainnya

“Situasi pengamanan berlangsung baik dan aman. Kami masih monitor dengan baik,” kata Verdianto .

Ia menjelaskan bahwa pengamanan KTT ASEAN ke-43 dibagi menjadi empat ring. Ring 1 adalah pengamanan di dalam JCC, ring 2 adalah pengamanan di sekitar JCC, ring 3 adalah pengamanan di Jakarta Selatan, Jakarta Pusat, dan Jakarta Timur, dan ring 4 adalah kawasan penyanggah yang meliputi Polda Banten, Polda Jawa Barat, dan Polda Metro Jaya.

“Untuk pengamanan tamu VVIP langsung dibawah Mabes TNI. Kita melakukan pengamanan VIP serta pengawalan kepada VVIP yang bergabung Bersama paspampres,” ujar Verdianto .

Verdianto juga menyatakan bahwa pihaknya tidak memiliki tantangan khusus dalam mengamankan KTT ASEAN ke-43. Menurutnya, Polri telah memiliki pengalaman pengamanan acara internasional seperti KTT G20 di Bali.

“Pada prinsipnya tantangan tidak ada, karna ini pengalaman kita sepeti ktt g20 di bali jadi pada prinsipnya tantangan nya tidak ada,” kata Verdianto .

KTT ASEAN ke-43 akan diselenggarakan pada tanggal 5-7 September 2023 di Jakarta Convention Center (JCC). KTT tersebut akan dihadiri oleh kepala negara dan pemerintahan dari 10 negara anggota ASEAN, serta mitra dialog ASEAN. (Dim/Rel/humas.polri.go.id)

Pos terkait