Jelang Lebaran, Satgassus Tipikor Polri Awasi Langsung Ketersedian Bahan Pokok di Lampung

  • Whatsapp
Satuan tugas khusus Pencegahan Korupsi Mabes Polri awasi langsung ketersediaan bahan pokok di Lampung. (Dok. Kepolisian Republik Indonesia)

INDIESPOT.ID, Medan – Setelah dari Jawa Timur dan Sulawesi Selatan, Satuan tugas khusus (Satgassus) Pencegahan Korupsi Mabes Polri kembali turun ke lapangan. Kali ini tim Satgassus Pencegahan Korupsi Polri berkunjung ke Provinsi Lampung untuk mengawasi secara langsung ketersediaan bahan pokok, Senin (18/4/2022).

Ketua Satgassus Pencegahan Korupsi Polri Hotman Tambunan mengatakan, pihaknya mendapat tugas langsung dari Kapolri Jenderal Pol. Listyo Sigit Prabowo untuk melakukan pengawasan menjelang lebaran Idul Fitri 1443 H.

Bacaan Lainnya

“Perintah Kapolri untuk melakukan deteksi, koordinasi dan memantau bisnis proses sehingga barang pokok menjelang lebaran tersedia dan terjangkau, serta mencegah terjadinya penyelewengan pupuk bersubsidi dan subsidi minyak goreng agar tidak diselewengkan oleh yang tidak berhak,” ujar Hotman dalam keterangan tertulisnya, Senin (18/4/2022).

Hotman menjelaskan serangkaian kegiatan Satgasus Pencegahan Korupsi Polri dilakukan bersama Polda Lampung. Rangkaian diawali pertemuan dengan Gubernur Lampung beserta jajarannya.

Setelah itu, Satgasus Pencegahan Korupsi bersama dengan Pemprov Lampung melakukan pendalaman terkait barang pokok tersebut menjelang lebaran. Tidak hanya itu, pendalaman juga dilakukan terhadap pupuk bersubsidi.

Pendalaman itu dipimpin oleh Sekda Lampung beserta dengan Kepala Dinas terkait.

Dalam kegiatan itu, Hotman menyampaikan bahwa Kapolri sangat berkomitmen untuk mengawasi ketersediaan bahan pagan.

“Sehingga sedapat mungkin dapat dihindari kenaikan dan kelangkaan harga pangan menjelang lebaran agar masyarakat tidak terbebani,” katanya.

Selain itu, kata Hotman, pengawasan pupuk bersubsidi penting agar pupuk tersebut tidak diselewengkan.

Selanjutnya Tim Satgasus Pencegahan Polri masih akan melaksanakan kegiatan di Lampung Timur dan Lampung Tengah.

Hadir juga dalam kesempatan itu perwakilan dari PT Pupuk Indonesia Holding Company. Selain itu juga hadir sejumlah eks pegawai KPK lainnya, yakni Harun Al Rasyid, Herbert Nababan, Yudi Purnomo, M. Praswad Nugraha, Yulia Anastasia Fuada, Ambarita Damanik, Andi Rachman, Nita, dan Erfina. (Ika)

Pos terkait