Kunjungi Sumut, Wapres Minta Pemda Bisa Memitigasi Bencana Alam

  • Whatsapp
Wakil Presiden RI, Ma'ruf Amin kepada wartawan di rumah dinas Gubernur Sumut (Istimewa)

lINDIESPOT.ID, Medan – Seluruh Pemerintah Daerah (Pemda) diminta untuk dapat mengantisipasi dan memitigasi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor yang akan melanda. Sehingga, bila kita menghadapi bencana bisa lebih awal mengantisipasi.

Hal itu disampaikan Wakil Presiden RI, Ma’ruf Amin kepada wartawan di rumah dinas Gubernur Sumut di Kota Medan, Rabu, 17 November.

Bacaan Lainnya

“Karena ini, bencana ini selalu hadir di saat-saat sekarang. Seperti sekarang di ramalkan BMKG lebih awal datangnya dengan curah hujan yang lebih besar,” kata Ma’ruf.

Ma’ruf juga mengungkapkan setiap bencana alam di Indonesia menjadi catatan dan evaluasi bagi pemerintah pusat untuk dilakukan penanganan dan penanggulangan bencana dengan berkoordinasi Pemda.

“Mengenai banjir sebagai bahan evaluasi terkait banjir. Imbauan kita seperti apa kita meminta Pemda agar siap mencari antisipasi dan memitigasi dan mencarikan jalan supaya tingkat bahayanya itu atau bencana itu tidak terlalu besar,” jelas Ma’ruf.

Ma’ruf mengatakan bencana alam ini, selalu ada disetiap daerah di Indonesia. Situasi yang tidak bisa di hindari. Untuk itu, orang nomor dua di tanah air ini, Pemda harus sigap mengatasi bencana alam dimasing-masing daerah.

“Maka yang kita harapkan itu bagaimana memperkecil dampak bencana pada masyarakat. Misalnya mengungsi atau harus siap bentuk rumahnya seperti apa agat tidak kebanjiran atau dipindahkan di daerah tinggi. Sehingga tidak ada korban jiwa,” ucapnya.

Ma’ruf menambah bahwa setiap bencana alam yang terjadi. Pemerintah Indonesia hadir di tengah masyarakat menjadi korban. Segala upaya dilakukan untuk membantu warga yang terkena banjir maupun longsor.

“Saya juga sudah meminta pada Menteri Sosial agar sedia mungkin, mengantisipasi daerah terkena banjir dengan daerah juga agar dan mengarahkan dana penanggulangan bencana dan banyak hal yang harus kita lakukan,” kata Ma’ruf. (Satria)

Pos terkait