Bobby Nasution Tetap Support Jika Bayi Penderita Atresia Bilier Dibawa ke Jakarta

  • Whatsapp
Wali Kota Medan Bobby Nasution bersama istrinya Kahiyang Ayu menjenguk bayi penderita atresia bilier (kelainan hati) di RS Adam Malik Kamis (7/10/2021) malam.

Indiespot.id, Medan – Wali Kota Medan Bobby Nasution berencana membawa bayi berumur 7 bulan bernama Aiyla Adisty Hidayah yang menderita atresia bilier ke Jakarta.

Mantu Presiden Jokowi ini menjelaskan, penyakit yang diderita bayi Aiyla berawal dari empedu. Namun, karena penanganannya dari keluarga yang lama membawa ke rumah sakit, penyakitnya menyebar dan sudah naik sampai ke fungsi hati.

Bacaan Lainnya

“Karena itu, kemarin fungsi hatinya, jalan satu-satunya kemarin itu adalah transplantasi. Ini memang di Medan, di Sumut, di (RS) Adam Malik belum bisa melaksanakan itu,” kata Bobby, Jumat, (8/10/2021).

Karena itu, Bobby mengaku pihaknya telah berdiskusi dengan keluarga terkait penanganannya dan menyerahkan sepenuhnya keputusan kepada pihak keluarga.

Selain itu, Bobby juga sudah menjelaskan kemungkinan penanganan-penanganan yang akan diberikan ke bayi malang tersebut.

“Bagaimana kondisi anak kita sudah dikasih tahu, bagaimana kalau transplantasi, penanganan-penanganan yang bisa kami lakukan sampai dengan hari ini,” jelasnya.

Ia menegaskan, akan mendukung penuh apapun keputusan yang diambil orangtua bayi Aiyla Adisty Hidayah.

“Kedepannya sambil menunggu keputusan orangtua nya mengambil keputusan A, B atau C, kami tetap akan support,” sebutnya.

Namun, jika bayi tersebut dirujuk ke rumah sakit di Jakarta, Bobby belum bisa memastikan sumber biaya. Saat ini, bayi malang itu masuk kedalam kategori unregister Pemko Medan.

“Sampai hari ini kita gunakan unregister Kota Medan. Tentunya nanti kalau keluarga mengambil keputusan, kita diskusikan lagi,” sebutnya.

Sebelumnya, bayi berumur 7 bulan asal Medan bernama Aiyla Adisty Hidayah menderita Atresia Bilier. Bobby Nasution langsung bereaksi cepat. Dia langsung memerintahkan Dinas Kesehatan dan Camat Medan Area untuk membawa pasien kembali ke RSUP Adam Malik, Kamis, 7 Oktober, malam.

Kondisi anak bungsu dari pasangan Rahmat Hidayat (31) dan Olivia Saridah (27), warga Jalan Medan Area Selatan, Gang Mulia Medan, Sumatera Utara, memprihatikan.

Bagian perut bayi malang itu terus membesar, dan perlu segera mendapatkan penanganan medis. Pihak keluarga lalu membawa Aiyla ke dokter spesialis anak di Jalan Amaliun, Medan.

Mengetahui anaknya menderita sakit, kata Olivia, keluarga lalu mengurus BPJS dengan harapan bayinya mendapatkan perawatan medis di rumah sakit. Sayangnya BPJS tak bisa siap dengan cepat. Namun karena ada bantuan dari Dinas Sosial, Aiyla bisa dibawa ke RS Pirngadi Medan.

Dana yang dibutuhkan untuk tindakan medis lanjutan kabarnya mencapai Rp1 miliar. (Admin10)

Pos terkait