Bunga Bangkai di Deliserdang Mekar Sempurna pada Hari Lingkungan Hidup Sedunia

  • Whatsapp
(Sumber: BBKSDA Sumut)

Indiespot.id – Deliserdang, Bunga bangkai (Amorpophallus titanum) mekar sempurna bertepatan dengan peringatan Hari Lingkungan Hidup Sedunia di Desa Namo Suro Baru, Kecamatan Sibiru biru, Kabupaten Deliserdang, Sabtu (5/6/2021) tepat pukul 20.30 WIB.

Bunga bangkai yang mekar tersebut tingginya mencapai 130 cm, dengan lebar bunga saat mekar 127 cm dan tinggi tongkol (spadix) 150 cm.

Bacaan Lainnya

Pengamatan bunga bangkai ini sudah dimulai oleh anggota Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Wisata Alam Ras Namo Suro Baru (WARAS NASUBA), Sastra Milala, satu bulan lalu sejak tumbuhnya calon bunga.

Sebelum mekar 5 Juni 2021, bunga ini juga telah mekar pada tanggal 13 Mei 2021 yang lalu.

Seperti diketahui, Pokdarwis WARAS NASUBA berdiri sejak awal Juli 2020 dan menjadi binaan Balai Besar KSDA Sumatera Utara bersama Dinas Kepemudaan, Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Deliserdang dalam pengembangan wisata terutama wisata edukasi Konservasi Bunga Bangkai.

Bunga bangkai mengilhami  sekaligus menjadi  logo Pokdarwis Waras Nasuba dalam pengembangan wisata yang berkelanjutan.

Pada kunjungan Tim Balai Besar KSDA Sumatera Utara yang diwakili Kepala Bidang Teknis Irzal Azhar, didampingi Staf Ida Marni dan Samuel Siahaan ke lokasi, Minggu  (6/6/2021), sangat mengapresiasi kepedulian Pokdarwis dalam menjaga kelestarian habitat bunga bangkai dengan adanya tanda pembatas yang dipasang beserta poster imbauan berupa larangan agar tidak mengganggu bunga bangkai.

Dalam kunjungan tersebut, Kabid Teknis disambut Ketua Pokdariws Waras Nasuba Eron Tarigan yang didampingi anggota Pokdariws lainya, memberi semangat untuk berkarya dan berbuat dalam pengembangan wisata khususnya dalam upaya konservasi bunga bangkai. (Rel/admin10)

Pos terkait