3045 Hektar Lahan Pertanian Rusak Akibat Erupsi Gunung Sinabung

  • Whatsapp
Ribuan hektar lahan pertanian rusak akibat debu vulkanik erupsi Gunung Sinabung. (indiespot.id/irfan batubara)

Indiespot.id-Sumut, Akibat erupsi Gunung Sinabung, di Kabupaten Karo, sebanyak 3045 hektar lahan pertanian rusak, akibat tertimbun abu vulkanik, akibat erupsi Gunung Sinabung.

Kadis Pertanian Kabupaten Karo Mahtesa Sitepu, mengatakan ada 4 kecamatan yang lahan pertaniannya rusak parah akibat debu vulkanik. Keempatya yakni Yakni Kecamatan Payung, Tigandreket, Tiga Binangan dan Kutabuluh.

Bacaan Lainnya

“Total (lahan pertanian) yang  terdampak itu ada 3045,8 hektar, dengan kerugian 2.9178.171.825 atau Rp29 miliar lebih,” ujar Mahtesa.

Mahtesa menjelasan ada puluhan komoditi pertanian yang diperdiksi gagal panen. Namun yang paling terdampak tanaman cabai, jagung, jeruk, salak dan kopi. Musbabnya tanaman rusak karena tertutup debalnya debu vulkanik.

“Masalahnya kemarin (terdampak) debu yang tebal, jadi datang gerimis, jadi semakin berat dan tak kuat menopang debu, hingga tanaman rusak,” ungkap Mahtesa.

Dampak kerusakan ini dirasakan petani, Jagung di Desa Tiganderket Besli Surbakti (40). Padahal dalam waktu dekat dia akan panen, nahas musibah keburu datang. “Kerugian Rp 10 juta, jagung setengah hektar rusak total,” ujarnya.(E4)

Pos terkait