Menpora Puji Keseriusan Sumut-Aceh Persiapkan PON 2024, Gubsu: Kalau Tidak Dicoba, Tidak Akan Pernah Siap

  • Whatsapp

Indiespot.id-Medan, Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) RI Zainudin Amali menggelar rapat koordinasi (Rakor) bersama Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Sumut) dan Aceh dalam dalam Persiapan Penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI 2024, di Hotel JW Marriot Medan, Jalan Putri Hijau, Senin (15/2).

“Apa yang kita bicarakan (tadi) adalah kesiapan awal, sekaligus kita mendapatkan jawaban langsung dari kedua pimpinan daerah (Pemprov) baik daru Sumut maupun Aceh. Secara keseluruhan saya bisa menyimpulkan bahwa Sumut dan Aceh siap untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan PON XXI 2024,” sebut Zainudin.

Bacaan Lainnya

Mengingat pelaksanan PON selama ini rutin dijalankan lanjut Zainudin, dirinya menyampaikan tentang keseriusan pemerintah daerah dalam mempersiapkan segala sesuatu guna menyukseskan PON.

“Kita tahu mana pemerintah daerah yang serius, mana yang setengah-setengah dan mana yang nunggu diketok dari pusat baru jalan. Tetapi ini sudah (siap), Sumatera Utara siap, bahkan Pak Gubernur ini semangatnya luar biasa, seperti memperiapkan Sport Center,” kata Zainudin.

Sementara itu, Gubernur Sumut Edy Rahmayadi menyebutkan bahwa berbagai upaya terus dilakukan agar penyelenggaraan PON ini sukses. Karena itu katanya, ada 4 prioritas yang akan dicapai, yakni suksesi penyelenggaraan, suksesi prestasi olahraga, sukses menggalakkan perekonomian dan tertib dalam hal administrasi.

“Kita akan koordinasi secara ketat, karena penyelenggaranya hanya satu, tetapi tempatnya ada dua (provinsi). Ini belum pernah, karena selama ini (prioritas) dilaksanakan di Pulau Jawa, di sana sudah siap infrastrukturnya, sudah lengkap. Kalau tidak dicoba dan dipaksa, ini tidak akan pernah siap,” tegas Edy.

Selain itu, Kadispora Aceh Dedy Yuswadi mengungkapkan, upaya koordinasi antara kedua daerah ini tidak hanya sebatas suksesi penyelenggaraan PON XXI 2024. Tetapi sampai pada pascaPON, agar bagaimana venue yang ada bisa digunakan untuk masa selanjutnya.

Seperti yang diketahui, jumlah cabang olahraga yang akan dipertandingkan pada PON XXI 2024 mendatang direncanakan sebanyak 65 cabang. Dengan pembagian sementara 33 di Aceh dan 32 di Sumut. (E4)