Peringatan HPN 2021, Gubsu Edy: Tanpa Pers Bangsa Kita Tak Akan Pernah Maju

  • Whatsapp
Gubsu Edy Rahmayadi saat menerima audiensi PWI Sumut di Rumah Dinas Gubernur Sumut. (indiespot.id/Humas Sumut)

Indiespot.id-Medan, Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi mengatakan, keberadaan pers sangat dibutuhkan, bahkan tanpa pers atau media massa bangsa ini tidak akan pernah maju. Pers berfungsi sebagai media informasi, pendidikan, hiburan, dan kontrol sosial, yang dibutuhkan masyarakat dalam membangun kehidupan.

“SDM untuk menjadi wartawan harus benar-benar orang terpilih, karena dalam bermedia kita butuh kepercayaan, kita butuh menerima informasi dan memberikan informasi untuk membangun kehidupan, kita perlu komunikasi dua arah, sehingga wartawan dan media benar-benar dibutuhkan untuk kemajuan, tanpa media bangsa kita tak akan pernah maju,” ujar Gubernur.

Bacaan Lainnya

Peringatan Hari Pers Nasional (HPN) Tahun 2021 berlangsung secara virtual, dengan mengambil tema ‘Pertarungan Media Massa Konvensional di Era Digital’, yang Senin (8/2).

“Era digital sangat menguntungkan media online, karena tidak semua wilayah di Sumut bisa dijangkau media cetak, namun ada orang yang punya kepentingan yang tidak terpuaskan, sehingga dia melakukan kegiatan yang kontraproduktif, sehingga mempengaruhi kepercayaan masyarakat terhadap media online,” tambah Gubsu.

Di satu sisi, menurut Edy Rahmayadi, media konvensional perannya juga masih dibutuhkan. Hal itu terjadi  karena beritanya lebih diulas dan lengkap, serta dapat dibaca berulang-ulang. “Sehingga masyarakat lebih mudah memahami isi berita itu,” terangnya.

Ketua PWI Sumut Hermansyah yang menjadi salah satu narasumber menyampaikan, bahwa saat ini di Sumut sudah banyak media konvensional yang berhenti terbit.

“Harian MedanBisnis dan Harian Andalas, dua media ini berhenti (tidak tertib) sejak awal tahun 2019, dengan berhentinya dua media ini tentunya mempengaruhi kinerja wartawan, di media Andalas saja paling tidak sekitar 100 orang wartawan yang tidak aktif lagi menjadi wartawan,” ujarnya. (E4)